17 February 2024

Sejarah Magelang - Muntilan

 Setelah Perjanjian Giyanti pada bulan Januari 1755, daerah Kedu yang mencakup Muntilan menjadi wilayah Negaragung kedua kerajaan itu dalam pembagian tidak teratur. 


Diduga Muntilan termasuk wilayah Negaragung Kasultanan Yogyakarta karena kedekatan daerahnya dengan pusat kekuasaan Yogyakarta. Bukti dari keterikatan dengan Kesultanan Yogyakarta adalah adanya seorang bangsawan kraton Yogyakarta yang dikuburkan di desa Gunung Pring dan dijadikan sebagai tokoh penting oleh masyarakat sekitarnya. Hal ini berlangsung sampai tahun 1812, ketika berdasarkan kontrak politik antara Kesultanan Yogyakarta dan pemerintah Inggris pada tanggal 1 Agustus 1812, wilayah Kedu termasuk Muntilan harus diserahkan kepada pemerintah Inggris. 


Setahun kemudian, pemerintah Inggris menjadikan Muntilan sebagai bagian dari Kabupaten Magelang di bawah pimpinan bupati pertama Raden Tumenggung Danuningrat I. 


Muntilan sendiri kemudian dijadikan daerah administrative setingkat distrik di bawah seorang wedana pada awalnya yang berkedudukan di Probolinggo (desa sebelah timur Muntilan sekarang). Pada tahun 1822 Probolinggo dijadikan sebagai kabupaten sendiri dengan bupatinya berkedudukan di Muntilan, yang berperan penting ketika terjadi perang Diponegoro dengan pembangunan sebuah benteng oleh Belanda di kota ini (daerah Beteng) untuk membatasi gerakan gerilya Diponegoro dan pasukannya (Javasche Courant, 23 Mei 1829). 


Setelah perang Diponegoro berakhir, perubahan administrasi terjadi pada tahun 1832 dengan penghapusan kabupaten Probolinggo dan diturunkan menjadi kawedanan atau distrik. Muntilan tetap menjadi ibukota distrik ini dan selama Kultuurstelsel menjadi penyedia lahan bagi penanaman tebu untuk kepentingan pabrik gula swasta yang dibuka di wilayah Yogyakarta.


Itulah sebabnya Muntilan cukup besar untuk sebuah kota kecamatan... ternyata memang dulu pernah menjadi ibukota kabupaten Probolinggo.



Foto 1

Moentilan pada 1 Februari 1949

(Nationaalarchief/Krieken)



Foto 2

Foto terminal Muntilan tahun 1971

(Wilford Peloquin)



Foto 3

Foto sekitar Borobudur 1971

Mungkin sang fotografer dari Yogya mampir Muntilan saat berkunjung ke Borobudur

No comments:

Post a Comment