04 April 2024

KELULUS DAN MALANGBANG MAJAPAHIT Seringnya kita mendengar bahwa armada perang majapahit mempunyai kapal bernama "JUNG" tapi sedikit mungkin yang pernah mendengar Malangbang dan Kelulus,kita disini tidak berbicara bahwa malangbang dan kelulus adalah asli buatan majapahit tapi 2 jenis kapal (perahu) itu secara pasti disejarahnya digunakan oleh armada perang majapahit.. Nama kelulus tampaknya berasal dari kata bahasa Jawa "lulus", yang berarti melewati apa saja terjemahan harfiahnya adalah "si penyusup". Sedangkan Nama "malangbang" dianggap berasal dari bahasa jawa kuno "malabong" yang bermaksud jenis kapal,malangbong menggunakan dayung sebagai tambahan kepada layarnya untuk bergerak,lebar dan berbadan datar dg ukurannya di tengah tengah antara jung dan kelulus. Laporan awal mengenai kelulus dan malangbang adalah dari Hikayat Raja-Raja Pasai dari abad ke-14, dikatakan sebagai salah satu jenis perahu yang digunakan Majapahit. Dalam perang ke tumasik majapahit juga menggunakan kelulus dan malangbong selain jung,Tome pires pada tahun 1513 melaporkan bahwa pati dari Jawa memiliki banyak calaluz untuk menjarah: tetapi mereka tidak cocok untuk pergi jauh dari daratan. Kelulus adalah perahu khas Jawa. Mereka diukir dalam seribu satu cara, dengan gambaran ular/naga, dan emas; mereka berornamen. Masing-masing dari mereka (para pati) memiliki banyak dari mereka, dan mereka dicat dengan indah, dan mereka pasti terlihat baik dan dibuat dalam cara yang sangat elegan, dan mereka adalah untuk raja-raja untuk menghibur diri mereka sendiri, jauh dari orang-orang biasa. Mereka didayung dengan dayung pendek. ... Mereka pergi dengan kereta kencana, dan jika mereka pergi lewat laut mereka pergi dengan calaluz yang dicat, sangat bersih dan ornamental, dengan banyak sekali kanopi sampai-sampai pendayungnya tidak bisa dilihat oleh tuannya. Sungguh lah perkasa mereka di lautan kapal jung bak SANG GARGANTUA di iringi ratusan kelulus dan malangbang,meskipun sekrang tinggal sejarah,tapi kami takkan lupa leluluhur kami pernah menjadi RAJA di samudra . Source: https://www.etsy.com/shop/MalangBang?ref=related&listing_id=1169565808 wikipedia.org

 KELULUS DAN MALANGBANG MAJAPAHIT 


Seringnya kita mendengar bahwa armada perang majapahit mempunyai kapal bernama "JUNG" tapi sedikit mungkin yang pernah mendengar Malangbang dan Kelulus,kita disini tidak berbicara bahwa malangbang dan kelulus adalah asli buatan  majapahit tapi 2 jenis kapal (perahu) itu secara pasti disejarahnya digunakan oleh armada perang majapahit..





Nama kelulus tampaknya berasal dari kata bahasa Jawa "lulus", yang berarti melewati apa saja terjemahan harfiahnya adalah "si penyusup". Sedangkan Nama "malangbang" dianggap berasal dari bahasa jawa kuno "malabong" yang bermaksud jenis kapal,malangbong menggunakan dayung sebagai tambahan kepada layarnya untuk bergerak,lebar dan berbadan datar  dg ukurannya di tengah tengah antara jung dan kelulus.

Laporan awal mengenai kelulus dan malangbang adalah dari Hikayat Raja-Raja Pasai dari abad ke-14, dikatakan sebagai salah satu jenis perahu yang digunakan Majapahit.

Dalam perang ke tumasik majapahit juga menggunakan kelulus dan malangbong selain jung,Tome pires pada tahun 1513 melaporkan bahwa pati dari Jawa memiliki banyak calaluz untuk menjarah:

tetapi mereka tidak cocok untuk pergi jauh dari daratan. Kelulus adalah perahu khas Jawa. Mereka diukir dalam seribu satu cara, dengan gambaran ular/naga, dan emas; mereka berornamen. Masing-masing dari mereka (para pati) memiliki banyak dari mereka, dan mereka dicat dengan indah, dan mereka pasti terlihat baik dan dibuat dalam cara yang sangat elegan, dan mereka adalah untuk raja-raja untuk menghibur diri mereka sendiri, jauh dari orang-orang biasa. Mereka didayung dengan dayung pendek.

... Mereka pergi dengan kereta kencana, dan jika mereka pergi lewat laut mereka pergi dengan calaluz yang dicat, sangat bersih dan ornamental, dengan banyak sekali kanopi sampai-sampai pendayungnya tidak bisa dilihat oleh tuannya.

Sungguh lah perkasa mereka di lautan kapal jung bak SANG GARGANTUA di iringi ratusan kelulus dan malangbang,meskipun sekrang tinggal sejarah,tapi kami takkan lupa leluluhur kami pernah menjadi RAJA di samudra . 


Source:

https://www.etsy.com/shop/MalangBang?ref=related&listing_id=1169565808

wikipedia.org


No comments:

Post a Comment