15 April 2024

Gentong berisi air di depan rumah merupakan salah satu tradisi di Jawa yang sudah terlupakan di era milenium, tujuan meletakkan gentong ini bermaksud untuk menolong orang ketika sedang lewat depan rumah kita yang kehausan, foto dibawah ini diambil tahun 1934. Filosofinya sendiri sangat dalam. Gentong terbuat dari tanah liat yang diisi air, yang berarti tanah air (mengajarkan cinta tanah air). Mari kita hidupkan kembali tradisi yang nyaris punah tersebut, dengan menaruh galon berisi air minum di depan rumah kita, demi menolong orang yang sedang lewat kehausan. Insya Allah airnya akan habis dan galonnya akan hilang Seperti biasanya😅. Source : Erwin

 Gentong berisi air di depan rumah merupakan salah satu tradisi di Jawa yang sudah terlupakan di era milenium, tujuan meletakkan gentong ini bermaksud untuk menolong orang ketika sedang lewat depan rumah kita yang kehausan, foto dibawah ini diambil tahun 1934.


Filosofinya sendiri sangat dalam. Gentong terbuat dari tanah liat yang diisi air, yang berarti tanah air (mengajarkan cinta tanah air).



Mari kita hidupkan kembali tradisi yang nyaris punah tersebut, dengan menaruh galon berisi air minum di depan rumah kita, demi menolong orang yang sedang lewat kehausan. 

Insya Allah airnya akan habis dan galonnya akan hilang 

Seperti biasanya😅.

Source : Erwin

No comments:

Post a Comment