16 March 2024

Tugu Jogja awal mulanya adalah Tugu Golong Gilig yang dibangun pada tahun 1758 pada masa HB I yang memiliki filosofi Manunggaling Kawula Gusti. Puncak tugu berbentuk bulat (golong) dan tiangnya berbentuk silindris (gilig). Pada 10 Juni 1867 terjadi gempa bumi besar yang menyebabkan tugu setinggi 25 Meter tersebut Roboh. Pada masa HB VII yang memerintah tahun 1877 - 1921, ditempat sama dibangun kembali tugu dengan ukuran lebih pendek yaitu 15 meter dan berujung runcing yang disebut Tugu Pal Putih. Bagian atas monumen dibangun dengan bentuk kerucut, bukan berbentuk bulat seperti sebelumnya, dengan bola kecil di ujungnya. Pembangunan ini dilakukan oleh Belanda tahun 1889.. 👉🏽Jika ada kesalahan, mohon di koreksi dan bila berkenan silahkan di tambahkan informasi nya.. 📸 : Diorama di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY Sumber : Maria Tri Widayati #jogyakarta #tugu #palingujung

 Tugu Jogja awal mulanya adalah Tugu Golong Gilig yang dibangun pada tahun 1758 pada masa HB I yang memiliki filosofi Manunggaling Kawula Gusti.

Puncak tugu berbentuk bulat (golong) dan tiangnya berbentuk silindris (gilig).



Pada 10 Juni 1867 terjadi gempa bumi besar yang menyebabkan tugu setinggi 25 Meter tersebut Roboh.


Pada masa HB VII  yang memerintah tahun 1877 - 1921, ditempat sama dibangun kembali tugu dengan ukuran lebih pendek yaitu 15 meter dan berujung runcing yang disebut Tugu Pal Putih.


Bagian atas monumen dibangun dengan bentuk kerucut, bukan berbentuk bulat seperti sebelumnya, dengan bola kecil di ujungnya. Pembangunan ini dilakukan oleh Belanda tahun 1889..


👉🏽Jika ada kesalahan, mohon di koreksi dan bila berkenan silahkan di tambahkan informasi nya..


📸 : Diorama di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY

Sumber : Maria Tri Widayati 

#jogyakarta

#tugu

#palingujung

No comments:

Post a Comment