24 March 2024

TEUKU TANDI BUNGÔNG TALOÉ pada tahun 1902 dalam sebuah pertempuran dasyat antara pejuang aceh dibawah pimpinan teuku tandi bungông taloé dengan pasukan marsose, para pejuang aceh berhasil membunuh pimpinan marsose yaitu de bruijn. akibat kematian de bruijn ini pihak belanda melipat gandakan serangan ke daerah barat aceh, khususnya ke bungông taloé, tripa seunagan dan beutông. pasukan belanda yang dipimpin oleh letnam gosenson yang menjabat sebagai kepala bivak jeuram berhasil menangkap teuku tandi bungông taloé. maka berakhir pula lah perjuangan beliau dalam melawan penjajah belanda pada tahun 1907 bersama beliau juga ditangkap teuku pang ulé side, setelah sebelumnya belanda juga berhasil mematahkan perjuangan teuku keumangan.

 TEUKU TANDI BUNGÔNG TALOÉ


pada tahun 1902 dalam sebuah pertempuran dasyat antara pejuang aceh dibawah pimpinan teuku tandi bungông taloé dengan pasukan marsose, para pejuang aceh berhasil membunuh pimpinan marsose yaitu de bruijn.



akibat kematian de bruijn ini pihak belanda melipat gandakan serangan ke daerah barat aceh, khususnya ke bungông taloé, tripa seunagan dan beutông.


pasukan belanda yang dipimpin oleh letnam gosenson yang menjabat sebagai kepala bivak jeuram berhasil menangkap teuku tandi bungông taloé.


maka berakhir pula lah perjuangan beliau dalam melawan penjajah belanda pada tahun 1907 bersama beliau juga ditangkap teuku pang ulé side, setelah sebelumnya belanda juga berhasil mematahkan perjuangan teuku keumangan.

No comments:

Post a Comment