19 March 2024

Raden Trunojoyo menjadi salah satu pemberontak terkuat yang pernah dihadapi Mataram Islam. Amangkurat I sampai terusir ke Tegal. Bukan dari Belanda, perlawanan terhebat yang pernah dihadapi Mataram Islam justru berasal dari Pribumi sendiri. Itu adalah ketika Mataram Islam harus menghadapi pemberontakan Trunojoyo, seorang bangsawan dari Madura. Trunojoyo merupakan seorang bangsawan Madura yang pernah melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan Amangkurat I dan Amangkurat II dari Mataram. Latar belakang pemberontakan karena Amangkurat I, memerintah dengan keras dan menjalin persekutuan dengan VOC sepeninggal Sultan Agung. Hal ini menimbulkan gelombang ketidakpuasan pada kerabat istana dan para ulama, yang ditindak dengan tegas oleh Amangkurat I. Pertentangan yang sedemikian hebat antara Amangkurat I dan para ulama bahkan akhirnya berujung pada penangkapan Sehingga banyak ulama dan santri dari wilayah kekuasaan Mataram dihukum mati yang jumlahnya ribuan. Pada tahun 1674, Trunojoyo merebut kekuasaan Madura dan memproklamirkan sebagai raja merdeka di Madura Barat. Laskar Madura pimpinan Trunojoyo, juga menjalin kerja sama dengan Karaeng Galesong, pemimpin kelompok pelarian asal Makassar pendukung Sultan Hasanuddin yang telah dikalahkan VOC. Kelompok tersebut berpusat di Demung, Panarukan. Mereka setuju untuk mendukung Trunojoyo memerangi Amangkurat I dan Mataram yang bekerja sama dengan VOC. Sumber ; https://intisari,grid,id/read/033748489/kisah-trunojoyo-pemberontak-dari-madura-yang-hampir-menggulingkan-mataram - FB kang oc

 Raden Trunojoyo menjadi salah satu pemberontak terkuat yang pernah dihadapi Mataram Islam. Amangkurat I sampai terusir ke Tegal.

Bukan dari Belanda, perlawanan terhebat yang pernah dihadapi Mataram Islam justru berasal dari Pribumi sendiri.



Itu adalah ketika Mataram Islam harus menghadapi pemberontakan Trunojoyo, seorang bangsawan dari Madura. 

Trunojoyo merupakan seorang bangsawan Madura yang pernah melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan Amangkurat I dan Amangkurat II dari Mataram.


Latar belakang pemberontakan karena Amangkurat I, memerintah dengan keras dan menjalin persekutuan dengan VOC sepeninggal Sultan Agung.

Hal ini menimbulkan gelombang ketidakpuasan pada kerabat istana dan para ulama, yang ditindak dengan tegas oleh Amangkurat I.


Pertentangan yang sedemikian hebat antara Amangkurat I dan para ulama bahkan akhirnya berujung pada penangkapan

Sehingga banyak ulama dan santri dari wilayah kekuasaan Mataram dihukum mati yang jumlahnya ribuan.


Pada tahun 1674, Trunojoyo merebut kekuasaan Madura dan memproklamirkan sebagai raja merdeka di Madura Barat.

Laskar Madura pimpinan Trunojoyo, juga menjalin kerja sama dengan Karaeng Galesong, pemimpin kelompok pelarian asal Makassar pendukung Sultan Hasanuddin yang telah dikalahkan VOC.

Kelompok tersebut berpusat di Demung, Panarukan.


Mereka setuju untuk mendukung Trunojoyo memerangi Amangkurat I dan Mataram yang bekerja sama dengan VOC.


Sumber ; https://intisari,grid,id/read/033748489/kisah-trunojoyo-pemberontak-dari-madura-yang-hampir-menggulingkan-mataram

- FB kang oc

No comments:

Post a Comment