20 January 2024

YAMAHA

 Dari Jualan Jam Bekas hingga Jadi Perusahaan YAMAHA....

.

.

Mungkin jika kita bicara tentang Yamaha, ada dua persepsi yang muncul dalam pikiran kita, yaitu sepeda motor dan alat musik.

.

.

Tapi tahukah anda bahwa Yamaha juga memproduksi barang lain seperti perawatan golf, peralatan medis, mesin mobil jet ski, mobil pembersih salju, dan masih banyak lagi.

.

.

Terus, Bagaimana semuanya dimulai? Dan siapa sebenarnya orang dibalik Yamaha?

.

.

Orang itu adalah Torakusu Yamaha.

.

.

Torakusu Yamaha, lahir di Jepang pada 20 April 1851, awalnya berbisnis sebagai penjual dan perbaikan jam. Tapi, karena sepi, dia mencoba pekerjaan lain sebagai pekerja perawatan peralatan medis yang membawanya ke berbagai kota di Jepang.

.

.

Suatu hari, pada 15 Juli 1887, kepala sekolah dari Sekolah Dasar Cinjo di Hamamatsu meminta bantuannya. Organ musik sekolah rusak, dan Torakusu Yamaha, walaupun belum pernah memperbaiki alat musik sebelumnya, dia setuju untuk membantu.

.

.

Setelah menghabiskan waktu untuk memperbaiki organ, Yamaha menyerahkannya kepada kepala sekolah. Tapi, saat dicoba, suaranya ngga bagus. Yamaha sadar bahwa dia membuat kesalahan karena ngga memperhitungkan aturan dasar musik. Kepala sekolah menyarankannya untuk belajar musik terlebih dahulu sebelum mencoba membuat organ lagi.

.

.

Yamaha belajar dasar-dasar alat musik, membaca buku di perpustakaan, dan berusaha menemukan teknik yang tepat. Dia juga membeli garpu nada untuk menghasilkan nada yang tepat.

.

.

Setelah beberapa minggu berusaha, Yamaha kembali dengan organ yang lebih baik. Saat diuji, suaranya sangat bagus, bahkan anak-anak di sekolah sangat senang dan ingin membelinya.

.

.

Melihat peluang bagus, Yamaha memutuskan untuk membuat organ sendiri dan menjualnya dengan harga lebih murah daripada impor. Inilah awal dari perusahaan Yamaha yang berkembang menjadi perusahaan besar seperti sekarang.

.

.

Logo perusahaan, tiga garpu nada yang saling bersilangan, mencerminkan alat yang digunakan Yamaha selama empat bulan untuk mempelajari dan menyempurnakan organ pertamanya.

.


.

Itulah kisah singkat tentang bagaimana Yamaha, yang awalnya hanya seorang penjual jam, menjadi bos perusahaan multinasional yang sukses di berbagai industri.

.

.

No comments:

Post a Comment