17 January 2024

History is life. Sejarah itu adalah khidupan. Banyak orang yang menggap sejarah hanyalah sebuah cerita,banyak orang yang menggap sejarah hanyalah sebuah kisah,dan banyak orang yang menggap sejarah hanyalah sebiah sastra. Namun tahukah kalian di balik adanya naskah,cerita,kisah,dan sastra dalam suatu seni tulis,seni rupa,dan lain sebagainya,bahwasannya ada nyawa di dalamnya. Masyarakat jaman dulu sangatlah sama dengan jaman kita,mereka mempunyai emosi,mereka mepunyai rasa takut akan kematian,wabah penyakit,mereka juga meerasakan kelaparan dan tangis kebahagiaan. Namun tidak sebatas itu saja,konsep pengetahuan mereka juga tidak kalah dengan kita di jaman sekarang,konsep teknologi mereka juga tidak kalah dengan masa moderen saat ini,bahkan sbelum adanya konsep bahasa latin dan bahasa international,bangsa nusantara sudah menganal konsep pengetahuan yang sama dengan konsep tersebut,namun saat itu blm adanya pengetahuan tentang ilmu pengetahuan bahasa latin moderen. Jadi menurut saya sejarah adalah gambaran pengalaman yang di wariskan turun temurun untuk memajukan peradaban manusia.

 History is life.

Sejarah itu adalah khidupan.

Banyak orang yang menggap sejarah hanyalah sebuah cerita,banyak orang yang menggap sejarah hanyalah sebuah kisah,dan banyak orang yang menggap sejarah hanyalah sebiah sastra.

Namun tahukah kalian di balik adanya naskah,cerita,kisah,dan sastra dalam suatu seni tulis,seni rupa,dan lain sebagainya,bahwasannya ada nyawa di dalamnya.

Masyarakat jaman dulu sangatlah sama dengan jaman kita,mereka mempunyai emosi,mereka mepunyai rasa takut akan kematian,wabah penyakit,mereka juga meerasakan kelaparan dan tangis kebahagiaan.

Namun tidak sebatas itu saja,konsep pengetahuan mereka juga tidak kalah dengan kita di jaman sekarang,konsep teknologi mereka juga tidak kalah dengan masa moderen saat ini,bahkan sbelum adanya konsep bahasa latin dan bahasa international,bangsa nusantara sudah menganal konsep pengetahuan yang sama dengan konsep tersebut,namun saat itu blm adanya pengetahuan tentang ilmu pengetahuan bahasa latin moderen.

Jadi menurut saya sejarah adalah gambaran pengalaman yang di wariskan turun temurun untuk memajukan peradaban manusia.



No comments:

Post a Comment