28 January 2024

Sejarah Magelang - Candi Selogriyo

 Mungkin ini adalah foto terakhir penampakan arca Ganesha Candi Selogriyo yang diambil oleh van Erp di tahun 1902 dimana kepala arca masih nampak utuh seperti laporan yang ditulis van Erp dalam Rapporten in Nederlandsche-Indie voor Oudheidkundig Onderzoek op Java en Madoera edisi 1912.



Van Erp terakhir kali menyambangi candi ini pada 1903 dan menyebutkan bahwa arca Ganesha di relung Selatan dalam keadaan yang rusak namun kepalanya masih menempel pada badan arca. Ketika Tuan Vink mengambil foto candi tersebut sekarang (1911), kepala Ganesha tersebut ternyata sudah menghilang. Menurut penuturan warga setempat bagian kepala arca diambil oleh empat orang serdadu Ambon ke garnisun Magelang. Bukan hanya itu, beberapa batu komponen penyusun Candi Selogriyo yang pernah ada dalam foto tahun 1902, sudah menghilang dalam foto milik Tuan Vink di tahun 1911.


Vandalisme dan pencurian kepala arca pengisi relung - relung candi Selogriyo tidak berhenti disana, pada masa - masa selanjutnya, arca kepala Durga, Mahakala dan Nandiswara ikut terpenggal. Sekarang, hanya menyisakan arca Agastya saja yang masih utuh lengkap dengan kepalanya meskipun terdapat bekas pemotongan sisa pencurian kepala arca yang gagal.

No comments:

Post a Comment