26 January 2024

Muthia Datau

 Potret Mutiara Datau atau yang lebih akrab dikenal Muthia Datau pada tahun 1979. Beliau adalah mantan pemain sepak bola wanita Indonesia. Muthia tercatat bergabung dalam club sepak bola "Buana Putri" yang bergerak sebagai kiper. Pada era tahun 1970-an, Muthia menjadi salah satu kiper tim nasional sepak bola wanita Indonesia terbaik. 



Adapun club sepak bola Buana Putri ini merupakan club sepak bola wanita yang didirikan oleh Dewi Wibobo di Jakarta. Dalam sejarah, Buana Putri tercatat memiliki atlet-atlet berbakat, salah satunya Muthia Datau ini. 


Buana Putri terbentuk dari kelompok pemudi yang dulu memiliki sebutan RIC (Remaja Indonesia Club). Dalam setiap ajang pertandingan sepakbola putri di Indonesia, Buana Putri selalu berhasil mendominasi permainan. Hingga membuat Buana Putri menjadi Ratu Sepakbola Indonesia pada kurun waktu 1970-an hingga 1990-an akhir.


Sumber: Berita Yudha, 26 Nopember 1979 Halaman 3 Kolom 5. Koleksi Layanan Surat Kabar Langka Terjilid Perpustakaan Nasional RI (SKALA Team)

No comments:

Post a Comment