30 March 2019

Tentang Sejarah Magelang - Stupa di Gereja Ignatius Magelang


Stupa di Gereja Ignatius Magelang

Gereja tempatku beribadah merupakan termasuk bangunan tua dan bersejarah di Kota Magelang. Gedung yang dibangun sejak tahun 1900 dan berlokasi di Jl.Yos Sudarso - Magelang berdiri megah dengan arsitektur dan gaya khas Gereja Katholik Roma.

Gereja Katholik St.Ignatius Magelang
Tetapi hal yang cukup unik dan baru saya ketahui setelah sekian puluh tahun menjadi umat di gereja ini adalah adanya 2 buah stupa kecil yang berada di bagian samping barat gereja dekat ruang Sankristi. Saya belum menanyakan kepada pengurus gereja tentang sejarah dan kenapa ada stupa disini. Melihat dari bentuknya memang kedua stupa ini terlihat kuno seperti benda cagar budaya peninggalan Buddha yang umumnya saya temui di candi.

Lokasi stupa di dekat tangga ruang Sankristi

Stupa yang berada di sebelah kiri
Stupa yang berada disebelah kanan

Kedua stupa ini masih bagus kondisinya, hanya kurang terawat dan ditumbuhi lumut serta jamur. Mungkin lain kesempatan akan saya coba bertanya kepada pengurus paroki mengenai stupa ini, apakah itu benda cagar budaya ataukah stupa buatan jaman modern.


My photo
 
Saya adalah seseorang yang memiliki kecintaan terhadap peninggalan cagar budaya terutama situs dan candi-candi era Hindhu - Buddha. Saya hanyalah orang awam yang sangat menyukai blusukan dan petualangan.

Sumber :
https://tarabuwana.blogspot.com/2011/12/stupa-di-gereja-ignatius-magelang.html?m=1

No comments:

Post a Comment