12 March 2019

Tentang Sejarah Magelang - KIPRAH PELUKIS MAGELANG DARI MASA HINDIA BELANDA, JEPANG, REVOLUSI FISIK HINGGA ORDE BARU


MAGELANG TEMPO DOELOE:
KIPRAH PELUKIS MAGELANG DARI MASA HINDIA BELANDA, JEPANG, REVOLUSI FISIK HINGGA ORDE BARU 

oleh Bagus Priyana
MASA ORDE BARU
Sesudah peristiwa G30S, maka lahirlah orde baru. Kondisi persenirupaan khususnya seni lukis di Magelang mengalami masa-masa redup. Hingga pada HUT ke 27 17 Agustus 1972, digelarlah Pameran Seni Lukis di gedung Balai Pelajar di Jl. Plengkung Lama.
Para pelukis yang ikut serta adalah Mocholib (Ketua DPRD Kodya Magelang), Brigjen (purn) Dr. Soepandji, Ny. Soepandji, Drs. Soekimin Adiwiratmoko (Kepala Depdikbud Kotamadya Magelang), Soenaryo, Hadi Soerjoatmodjo, K. Soengkono, Soeyadi, S. Prapto, Mori Kinsen, Poerwito, Amron, Soewito dan 4 siswa dari ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia) yang berdomisili di Magelang, yakni BB. Nugroho, Agus Heryanto, Soegiarto dan Dwi Antoro Suse.
Pameran Seni Lukis ini dibuka oleh Walikotamadya Magelang dan memperoleh sambutan hangat dari masyarakat.
Waktu-waktu berikutnya, berulang kali diadakan pameran seni lukis antara lain oleh siswa IKIP Seni Rupa dari Semarang yang dipimpin oleh Drs. Soedarmadi bertempat di gedung Balai Pelajar.
Ada juga pameran seni lukis oleh siswa ASRI yang berdomisili di Magelang bertempat di Gelanggang Remaja.
Pelukis Djunedi pernah juga mengadakan pameran lukisan kanak-kanak di Museum Sudirman Badaan. Tak kalah, Singosidin menggelar acara serupa, pameran lukisan kanak-kanak asuhannya di gedung Panti Mandala.
Pameran lukis oleh para siswa SUSRI Jogjakarta di Gelanggang Remaja. Tak hanya itu, keluarga pelukis Soewito juga mengadakan acara pameran lukisan sekeluarga, yakni karya Soewito, Soenaryo, Soeyadi, K. Soengkono, Hadi Soerjoatmodjo. Meski cuma pameran lukisan keluarga tetapi acara ini didukung oleh Depdikbud Kotamadya Magelang.
(Bersambung)



Sumber :
https://www.facebook.com/bagus.priyana?__tn__=%2CdC-R-R&eid=ARD6003zl_D6rIjVvrcdUxUVC5B22pHdXMWrFG000tBchk8m7u3SWH1GMrqR3IGZqu488f5TPWbq-YOd&hc_ref=ARQOZ1QqsMYNOEWSGfcKfJi3iGAfuIqUQXgzUUsSeIXgZtGtFseVNs57v4dJFzZ9FsE&fref=nf

No comments:

Post a Comment