12 March 2019

JONG ISLAMIETEN BOND (JIB) MAGELANG

MAGELANG TEMPO DOELOE:
JONG ISLAMIETEN BOND (JIB) MAGELANG

Oleh : Bagus Priyana

Jong Islamieten Bond atau JIB didirikan tanggal 1 Januari 1925 di Batavia. Organisasi ini bukanlah organisasi politik karena tidak terlibat dalam kegiatan politik, tetapi menyelenggarakan kursus-kursus pendidikan dan mempererat persatuan bagi pemuda dan pelajar Islam Hindia Belanda. Anggota JIB merupakan anggota dari Jong Sumatranen Bond, Jong Java, dan organisasi pemuda lainnya.
Dalam kongres pertama JIB, Wibowo terpilih menjadi ketua umum. Pada tahun 1925, JIB sudah mempunyai anggota 1004 orang, dan 4 cabang, yaitu di Jakarta, Yogyakarta, Solo, dan Madiun. Setelah kongres, H. Agus Salim berkampanye ke Bandung.
Pada akhir 1925, JIB memiliki sekitar 1.000 orang anggota di tujuh cabang, semuanya di Jawa (Batavia, Yogyakarta, Solo, Madiun, Bandung, Magelang, dan Surabaya).
Desember 1927 tercatat 1.700 anggota di lima belas cabang (di antaranya dua cabang di Sumatra) dan pada bulan Agustus 1928 tercatat 2.000 anggota di dua puluh cabang. Sebagian dari mereka adalah bekas anggota Jong Java yang tidak jenak sebagian lagi siswa dan pelajar yang sebelumnya belum pernah menjadi anggota perhimpunan.
Pada kongres kedua tahun 1929, Kasman Singodimedjo terpilih menggantikan Wibowo. Kongres ketiga tahun 1935, M. Arif Aini terpilih menjadi ketua umum dan kantor pusat dipindahkan ke Semarang.
JIB menerbitkan surat kabar Annur (Het Light). JIB juga mendirikan organisasi Pandu Indonesia (Natipij), organisasi pertama dengan nama berbahasa Indonesia.
Dalam bidang pendidikan, JIB mendirikan sekolah Hollandsc-Inlandsche Schhol (HIS) atau sekolah berbahasa Belanda untuk kaum pribumi di Tegal pada bulan Oktober 1931 dan mendirikan sekolah HIS di Tanah Tinggi, Batavia pada bulan November 1931.
Tampak di foto di bawah ini adalah JIB cabang Magelang yang merupakan 7 cabang pertama di tahun 1925 bersama dengan cabang Batavia, Bandung, Surabaya, Solo, Madiun dan Yogyakarta. Belum diketahui lokasi foto dan sekretariat dari JIB Cabang Magelang ini.
(Sumber: Wikipedia)




sumber :
https://www.facebook.com/bagus.priyana?__tn__=%2CdC-R-R&eid=ARD6003zl_D6rIjVvrcdUxUVC5B22pHdXMWrFG000tBchk8m7u3SWH1GMrqR3IGZqu488f5TPWbq-YOd&hc_ref=ARQOZ1QqsMYNOEWSGfcKfJi3iGAfuIqUQXgzUUsSeIXgZtGtFseVNs57v4dJFzZ9FsE&fref=nf

No comments:

Post a Comment