24 April 2013

Tentang Sejarah Magelang - ARTIS FILM TIGA DARA HIBUR TARUNA AMN

MAGELANG TEMPO DOELOE:
ARTIS FILM TIGA DARA HIBUR TARUNA AMN
Sejarah Akademi Militer (Akmil) bermula dari didirikannya Militaire Academie (MA) Yogyakarta pada tanggal 31 Oktober 1945, atas perintah Kepala Staf Umum Tentara Keamanan Rakyat, Letnan Jenderal TNI Oerip Soemohardjo. Pada tahun 1950, MA Yogyakarta setelah meluluskan dua angkatan, karena alasan tehnis, ditutup untuk sementara dan taruna angkatan ketiga menyelesaikan pendidikannya di KMA Breda, Nederland. Pada kurun waktu yang sama diberbagai tempat lain (Malang, Mojoagung, Salatiga, Tangerang, Palembang, Bukit Tinggi, Brastagi, Prapat) didirikan Sekolah Perwira Darurat untuk memenuhi kebutuhan TNI AD / ABRI pada waktu itu.
Pada tanggal 1 Januari 1951 di Bandung didirikan SPGi AD (Sekolah Perwira Genie Angkatan Darat), dan pada tanggal 23 September 1956 berubah menjadi ATEKAD (Akademi Teknik Angkatan Darat). Sementara itu pula pada tanggal 13 Januari 1951 didirikan pula P3AD (Pusat Pendidikan Perwira Angkatan Darat) di Bandung. Mengingat pada saat itu banyak sekolah perwira TNI AD, maka muncul gagasan dari pimpinan TNI AD untuk mendirikan suatu Akademi Militer, gagasan ini pertama kali dimunculkan pada sidang parlemen oleh Menteri Pertahanan pada tahun 1952. Setelah melalui berbagai proses, maka pada tanggal 11 Nopember 1957 pukul 11.00 Presiden RI Ir Soekarno selaku Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI, meresmikan pembukaan kembali Akademi Militer Nasional yang berkedudukan di Magelang. Akademi Militer ini merupakan kelanjutan dari MA Yogyakarta dan taruna masukan tahun 1957 ini dinyatakan sebagai Taruna AMN angkatan ke-4.
Pada tahun 1961 Akademi Militer Nasional Magelang di integrasikan dengan ATEKAD Bandung dengan nama Akademi Militer Nasional dan berkedudukan di Magelang.
Pendidikan para taruna di lembah Tidar yang begitu ketat, bukan berarti tanpa hiburan. Pada tahun 1958, ketika di awal-awal AMN berdiri, seorang artis ternama di era itu, Chitra Dewi, datang berkunjung dan menghibur para taruna.
Kunjungan dari Chitra Dewi ini tentu saja mendapat sambutan hangat dari para taruna AMN.
Dikutip dari laman Wikipedia, Chitra Dewi (lahir dengan nama Roro Patma Dewi Tjitrohadikusumo di Cirebon, Jawa Barat, 26 Januari 1934 – meninggal di Tangerang, Banten, 28 Oktober 2008 pada umur 74 tahun) adalah seorang pemeran wanita Indonesia di era tahun 1950-an hingga tahun 1990-an. Ia membintangi film Tiga Dara bersama Mieke Wijaya dan Indriati Iskak.
Chitra Dewi, selama kariernya, telah bermain dalam 80 film. Ia terkenal sejak membintangi film Tiga Dara arahan sutradara Usmar Ismail pada tahun 1956. Ia memulai kariernya di seni peran melalui film Tamu Agung pada 1955. Pada tahun 1971, ia pernah pula menjadi produser dan sutradara dalam beberapa film.
Sumber:
- www.akmil.ac.id
- majalah Minggu Pagi 1 Juni 1958
- Wikipedia

No comments:

Post a Comment