13 April 2013

Tentang Sejarah Magelang - SEPENGGAL KENANGAN DI BADAAN (2-HABIS)

oleh : Bagus Priyana

MAGELANG TEMPO DOELOE:
SEPENGGAL KENANGAN DI BADAAN (2-HABIS)
Taman Badaan sisi barat tak kalah cantiknya dengan Taman Badaan sisi timur. Jika kita berdiri menghadap taman (barat), akan terlihat taman yang cantik dengan aneka tanaman hias dan jauh di latar belakang adalah pesona keindahan Gunung Sumbing dan Perbukitan Giyanti. Pesona inilah yang memikat orang Eropa yang tinggal di Magelang. 
Tak sedikit, rumah-rumah mereka di bangun di ruas jalan sekitar Taman Badaan ini (Badaan Noord, Badaan Zuid). Taman Badaan di era ini populer disebut dengan 'Badaan Plantsoen'.
Di taman ini, di tahun 1960-1970-an, terdapat sebuah monumen yang bernama 'Monumen Brigade Kuda Putih' yang didirikan untuk memberikan penghormatan kepada Mayor Akhmad Yani (yang kelak menjadi Jenderal Akhmad Yani). Sebagaimana diketahui, selepas pengakuan kedaulatan RI tahun 1949, beliau menjadi komandan Brigade Kuda Putih 9/III di wilayah Kedu Utara, termasuk wilayah Magelang pada tahun 1950. Setahun kemudian menjadi komandan brigade ‘Q’ Pragola I, lalu pada 1952 menjadi komandan brigade ‘N’ Yudhonegoro, lantas komandan Resimen Infanteri-12, dan menjadi komandan Gerakan Banteng Nasional pada 1952 berperan dalam menghadapi DI/TII.
Taman ini sering dikunjungi oleh masyarakat Magelang, khususnya kalangan anak-anak sebagai tempat rekreasi. Terlebih di depan monumen tersebut terdapat kolam air yang ditanami dengan teratai.
Kalangan orang tua pun tak sedikit yang berkunjung di taman ini. Bukan sekadar untuk rekreasi semata, tetapi juga sebagai tempat kumpul-kumpul.
Masih banyak penggalan-penggalan kenangan di Taman Badaan ini, tak cukup untuk dituliskan di artikel ini. Mungkin beribu kenangan dan memori terpendam dalam benak masyarakat Magelang dari masa ke masa.
Dan andalah yang menuliskannya di kolom komentar di bawah ini. Mari bercerita tentang kota kita tercinta, Magelang.
(Habis)
Komentar
  • Lilik Sucahyo Pulang sekolah dari tuguran jln kaki trus mampir kemari ngadem dulu.
  • Poy Karena masih kecil dulu gambar monumen ini dalam ingatan sy gambar kepala ayam....

No comments:

Post a Comment