01 April 2013

Tentang Sejarah Magelang - Staadsgemeente Ordonantie

Staadsgemeente Ordonantie

https://kotatoeamagelang.files.wordpress.com/2011/08/34439-lambangkotamagelangtempodulu.jpg
Walaupun sudah dilakukan beberapa perubahan dalam peraturan hukum, tetapi warga Eropa yang tinggal di kotapraja-kotapraja (gemeente) merasa belum puas dalam mengatur kewenangan dan kemandirian yang di milikinya. Masyarakat Eropa menghendaki adanya perubahan dalam sistem pemerintahannya.
Akhirnya Pemerintah Hindia Belanda di tahun 1922 mengeluarkan peraturan BESTUURS-HERVORMINGS-ORDONANTI​E yang isinya adalah mengubah sistem pemerintahan dari desentralisasi menjadi dekonsentrasi. Akibatnya Dewan Wilayah yang ada dibubarkan karena jumlah anggotanya yang terlalu besar dan kurangnya komunikasi dengan warganya.
Pada tahun 1926 Pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan peraturan STAADSGEMEENTE ORDONANTIE yang isinya mengubah status GEMEENTE menjadi STAADSGEMEENTE, dimana nantinya Staadsgemeente dipimpin oleh Walikotapraja (BURGEMEESTER) bukan Asisten Residen seperti pada Gemeente.
Para Burgemeester ini bertanggungjawab kepada pemerintah propinsi yang akan segera di bentuk, bukan pada pemerintah pusat secara langsung. Sehingga pada tahun 1926 dikeluarkanlah PROVINCIE-ORDONANTIE yang mengatur pembentukan propinsi di Jawa, yaitu WEST-JAVA (Jawa Barat), MIDDEN-JAVA (Jawa Tengah) dan OOST-JAVA en MADOERA (Jawa Timur dan Madura).
Demikian juga dengan Magelang, sesudah terbentuknya Gemeente Magelang di tahun 1906 dan akibat adanya STADSGEMEENTE ORDONANTIE di tahun 1926 maka statusnya ikut berubah menjadi Staadsgemeente Magelang pada tahun 1929. Setelah dari tahun 1906-1929 dipimpin oleh Asisten residen Kedu, maka pada tahu 1929 secara resmi Staadsgemeente Magelang memiliki Walikotapraja sendiri (Burgemeester) yang bernama P.K.W LAKEMAN. Burgemeester ini menjabat dari tahun 1929-1934 ( kemudian menjadi Burgemeester Malang dan Surabaya). Dan jabatan ini diteruskan oleh Ir. R.C.A.F.J VAN LISSA NESSEL hingga sampai tahun1942.



Sumber :
https://kotatoeamagelang.wordpress.com/2011/08/05/staadsgemeente-ordonantie/#more-85

No comments:

Post a Comment