01 November 2023

Sejarah Magelang - Prapto Ketjik Pahlawan Rantai Kentjana

 *JASMERAH*

Olej : Sri Rahayu Hastuti

*Jangan sekali sekali melupakan Sejarah

Kita ada karena Sejarah masa lalu untuk masa depan yang terbaik dalam lindunganNya*


*Hari ini 31 Oktober, 74 tahun yang lalu. Sosok muda perwira Alm bp Prapto Ketjik, lari ke arah Guru dan sahabatnya yang sedang ditawan di bawah hunusan Bayonet Tentara Jepang, di lapangan sekolah dengan satu granat tangan. Dan sebelum granat itu dilemparkan dari tangan mudanya, salah satu Kempetai menengok ke arah Prapto Ketjik, dan...*


*Dooor, sebutir peluru menembus dahinya .

Luruhlah tubuh muda itu keharibaan pertiwi 

Darah dan nyawa telah engkau pertaruhkan untuk Negeri suci...*


*Terima kasih Pahlawan Rantai Kentjana yang t gugur di sekolah dan berbagai palagan di tanah air tercinta*

*Engkau telah berada di Surga yang kekal*

*Kami akan meneruskan semangat juangmu melalui pena ditangan untuk mengukir semangat patriotisme dan nasionalisme dengan prestasi terbaik kami*

God bless NKRI 🇮🇩❤️


No 1. Foto Almarhum Bp Prapto Ketjik paling depan kanan bersama kakak & adik ( sumber foto dari cucu keponakan Almarhum, Ibu Nelly).


Foto lain,  saya sebagai Narasumber bersama Murid murid SMA Negeri 2 Magelang yang study Sejarah Gedung Sekolah & Monumen Rantai Kencana awal Oktober lalu.





Monumen Rantai Kencana yang pertama sangat sederhana, dibangun oleh sahabat Almarhum ( 1947) dulu berada di sebelah utara monumen yang sekarang. 


Monumen Rantai Kencana yang Terakhir dibangun kembali  oleh sahabat Almarhum Bp Prapto Ketjik tahun 1995 & diresmikan oleh Menteri Peranan Wanita Ibu Mien Sugandhi ( Beliau juga Alumni Rantai Kencana)


Good luck and God bless NKRI 🇮🇩💝

No comments:

Post a Comment