15 November 2023

Unyil

 Ada yang tahu kapan Si Unyil lahir? SI Unyil pertama kali lahir November 1979, diperkenalkan pada tanggal 5 April 1981 oleh TVRI (hari Minggu) sebagai pengganti siaran iklan, berbarengan 18 acara baru pengganti siaran iklan yang dihapus pada tanggal 1 April 1981.


Hubungan Si Unyil semenjak lahir dengan anak-anak (di eranya) sangat akrab, karena Unyil mampu menggambarkan kehidupan masyarakat sehari-hari dalam setiap cerita-ceritanya.

Lagu “Cis, kacang buncis” merupakan lagu pembuka film seri si Unyil. Ketika terdengar lagu ini, dengan segera anak-anak mengerubuti pesawat televisi...


Unyil produksi dari PPFN (Pusat Produksi Film Negara), dari hasil pemikiran yang sangat matang, sehingga kehadirannya di layar televisi dapat sambutan baik dari anak-anak dan orang tua.


Drs Suyadi adalah perancang si Unyil. Tokoh si Unyil sendiri hasil pemikiran Pak Kurnain Suhardiman, sutradara merangkap penulis dan pembuat skenario. Pembuatan boneka-boneka berada di bengkel kerja PPFN. Bengkel ini menampung sekitar 300 boneka yang terbuat dari kertas koran, serta beraneka ragam properti yang bentuk rumah-rumahan, kursi kerajaan, payung kebesaran, rumah-rumah dan sekolah.  Kamera film yang digunakan adalah 35 mm, pengisian suara dilakukan dengan sistim dubing (suara belakangan). 


Selain sutradara, Unyil punya empat dalang, 3 orang di antaranya mempunyai pegangan tetap. Budi Sucipto (Usro), Yunus Tahara (Unyil), Johan Kalayan (Ucrit), Bambang Pardianto memainkan tokoh-tokoh lainnya. Dalam pengisian suara juga merupakan orang-orang tetap, yaitu anak-anak dari keluarga RM Subekto (Pimpinan Produksi) mengisi suara untuk Unyil CS. 


Seperti anak-anak di era sekarang, yang terkena demam berbagai tokoh yang digemarinya: demam boboboy, baby shark, pororo, dsb. Demikian juga si Unyil pernah menyebabkan “Demam Si Unyil” mulai dari  pakaian anak-anak gambar Si Unyil, buku tulis gambar Si Unyil, topeng Si Unyil, berbagai mainan hingga jajanan dengan gambar Si Unyil di kemasannya.


Demikian  cerita singkat tentang orang-orang di balik Si Unyil.



Sumber: Merdeka, 14-11-1981. Koleksi Surat Kabar Langka Salemba-Perpustakaan Nasional RI (SKALA-Team).


#anak-anak #film #boneka #Tvri #PPFN

No comments:

Post a Comment