16 November 2023

Salah satu bangunan bersejarah yang ada di Kota Yogyakarta adalah Benteng Baluwarti. Lokasi tepatnya berada di Jalan Gamelan, Kalurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta. Mengutip informasi dari situs jogjakota, Benteng Baluwarti dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I dan selesai pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono II. Benteng Baluwarti dibangun dengan tujuan sebagai Benteng pertahanan keraton terhadap serangan penjajah. Sebagai buktinya, Benteng inilah yang menjadi saksi bisu terjadinya peristiwa Geger Sepoy yang terjadi pada 19-20 Juni 1812. Akibat serangan tentara Inggris tersebut, kini Benteng Baluwarti hanya menyisakan 3 bastion, yaitu Pojok Beteng Wetan, Pojok Beteng Kulon, dan Pojok Beteng Lor. 📸: @hajar_prasetyo. ©️Jendelajatengdiy. #bentengbaluwarti #Yogyakarta #JendelaJatengDIY

 Salah satu bangun


an bersejarah yang ada di Kota Yogyakarta adalah Benteng Baluwarti. Lokasi tepatnya berada di Jalan Gamelan, Kalurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta.


Mengutip informasi dari situs jogjakota, Benteng Baluwarti dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I dan selesai pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono II.


Benteng Baluwarti dibangun dengan tujuan sebagai Benteng pertahanan keraton terhadap serangan penjajah. Sebagai buktinya, Benteng inilah yang menjadi saksi bisu terjadinya peristiwa Geger Sepoy  yang terjadi pada 19-20 Juni 1812. Akibat serangan tentara Inggris tersebut, kini Benteng Baluwarti hanya menyisakan 3 bastion, yaitu Pojok Beteng Wetan, Pojok Beteng Kulon, dan Pojok Beteng Lor.


📸: @hajar_prasetyo.


©️Jendelajatengdiy.


#bentengbaluwarti #Yogyakarta #JendelaJatengDIY

No comments:

Post a Comment