25 November 2023

Desa Tertua di Bali

 DESA TERTUA DI BALI 


Mengenal sejarah dan peradaban Bali, maka anda juga perlu tahu akan keberadaan desa Sembiran, desa ini merupakan salah satu desa kuno yang sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi, desa tertua di Bali ini terletak di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, desa tersebut sudah ada sejak jaman batu tua atau zaman Poletithicium atau peradaban manusia pada jaman Batu Tua dan juga Megalitikum yang mana bangunan-bangunan manusia terbuat dari batu. Desa Sembiran di kenal sebagai kuno tentunya masih bisa ditemukannya bukti-bukti sejarah peradaban masa lampau, itulah sebabnya desa Sembiran cukup menarik bagi mereka para arkeolog termasuk juga wisatawan yang liburan ke Bali.


Kabupaten Buleleng sendiri selain memang memiliki banyak objek wisata populer yang dimilikinya seperti atraksi dolphin (lumba-lumba) di lepas pantai Lovina dan sejumlah objek wisata air terjun, Buleleng juga memiliki sejumlah desa tua yang masih mempertahankan budaya dan tradisi unik masa lalu dan mengklaim dirinya penduduk asli Bali beberapa daerah tersebut diantaranya Sidatapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa dan juga Sembiran, keberadaan desa-desa tersebut tentunya menjadi daya tarik lebih kawasan wisata Bali Utara ini untuk dikunjungi saat mengagendakan tour di Bali.


Di desa Sembiran di Buleleng ini, setidaknya ditemukan 40 perabotan kuno yang berasal dari peradaban masa lalu yaitu berasal dari jaman batu tua dan jaman besi, bentuk benda-benda tersebut seperti alat berbentuk side chopper yaitu alat pemotong yang terbuat dari batu, bentuk hammeratones yaitu palu batu, bentuk protohan-axses berupa kapak tangan, bentuk flakes yaitu alat batu-batu kecil untuk mengiris dan benda pipih berbentuk setrika yang terbuat dari besi. Di desa Sembiran juga masih bisa ditemukan bangunan kuno seperti balai desa yang masih dilestarikan dan digunakan oleh warga desa.


Selain ditemukanya perabot-perabot yang berasal dari jaman Poletithicium juga ditemukan 20 buah prasasti perunggu yang memuat sejarah tentang keberadaan desa Sembiran tersebut. Semua peninggalan tersebut sekarang tersimpan rapi di rumah tua yang berada di desa ini, rumah yang merupakan peninggalan sejarah masa lampau tersebut pun dibangun kembali oleh pemerintah kabupaten Buleleng, dengan tidak menghilangkan bentuk dan ciri khas aslinya.



Sumber : https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/rumah_tua_desa_sembiran#:~:text=Mengenal%20sejarah%20dan%20peradaban%20Bali,jaman%20batu%20tua%20atau%20zaman

No comments:

Post a Comment