20 December 2019

Bappeda Kota Magelang

Studi Komparasi Jaringan Penelitian UPTB Litbang Bappeda Kota Depok dengan Badan Litbang Kota Magelang

Litbang Bappeda Kota Depok melakukan studi komparasi ke Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang yang berlokasi di Badan Koordinasi Wilayah II (Bakorwil II) Kota Magelang, Kamis (08/08).
Dengan tajuk Studi Komparasi Jaringan Penelitian, yang menjadi fokus utama dalam kunjungan kerja kali ini adalah mempelajari manajemen kegiatan penelitian yang telah dilakukan oleh Badan Litbang Kota Magelang, serta hilirisasi atau implementasi dari hasil penelitian itu sendiri. Pertemuan ini disambut langsung oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang, Drs. Arif Barata Sakti, MT dan didampingi oleh beberapa pejabat struktural dan peneliti Balitbang Kota Magelang.
Drs. Arif Barata Sakti, MT menuturkan beberapa hal, yaitu sejarah dibentuknya Badan Litbang Kota Magelang hingga tugas dan fungsi Badan. “Dulunya dimulai dari kantor pada tahun 2008 hingga tahun 2012, kemudian pada 2017 berubah menjadi Badan Litbang dan hanya satu-satunya di Provinsi Jawa Tengah” tuturnya.
Selain sejarah Badan Litbang Kota Magelang, Drs. Arif Barata Sakti, MT turut menceritakan beberapa kendala dan tantangan dalam menjalankan tugas dan fungsi kelitbangan. Menurutnya, banyak pihak menanyakan tentang fungsi Badan Litbang dalam suatu daerah, “Fungsi Balitbang itu apa, sih? Apa hanya melakukan penelitian terus menerus atau bagaimana? Banyak orang menanyakan hal seperti itu “. Momentum inilah yang membuatnya bersama dengan tim bersemangat untuk membuktikan kredibilitas Badan Litbang melalui pemberian kontribusi hasil penelitian terhadap pembangunan kota berdasarkan kebutuhan atau permasalahan yang ada.
Bukan hanya menunjukkan hasil kerja secara nyata, konsistensi kegiatan, kerja sama dengan stakeholder, dan juga keikutsertaan staf dan peneliti dalam kegiatan yang berkaitan dengan kelitbangan seperti seminar dan penulisan pun menjadi hal penting yang harus dijalankan.
Harapan dari studi komparasi ini, semoga jejak yang telah dilakukan Balitbang Kota Magelang, dapat memberikan inspirasi dan menjadi acuan bagi Litbang Bappeda Kota Depok dalam mengoptimalkan fungsi penelitian dan pengembangan.
Sumber :
Sumber :
http://elitbang.depok.go.id/post/studi-komparasi-jaringan-penelitian-uptb-litbang-bappeda-kota-depok-dengan-badan-litbang-kota-magelang

No comments:

Post a Comment