22 December 2019

Bappeda Kota Magelang - Dongkrak Wisatawan 2020, Pemkot Magelang Anggarkan Event Moncer Serius Rp 5,6 Miliar

Dongkrak Wisatawan 2020, Pemkot Magelang Anggarkan Event Moncer Serius Rp 5,6 Miliar

50
Kegiatan "Ekspose Magelang Moncer Serius 2020" di Aula Adipura Kencana Kompleks Kantor Pemkot Magelang. FOTO:IST/HUMAS
UNGARANNEWS.COM. MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang menyiapkan kegiatan bernama “Magelang Moncer Serius” sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu pada 2020
Tak sekadar jargon, Magelang “Moncer Serius” (Modern, Cerdas, Sejahtera dan Religius) benar-benar ingin diwujudkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, dengan sedikitnya akan ada 40 event diselenggarakan di Kota Magelang sepanjang 2020 mendatang.
Event-event tersebut meliputi berbagai bidang, mulai dari seni, budaya, pariwisata, pendidikan, pertanian, Olahraga dan sebagainya.
Untuk penyelenggaraan event-event tersebut Pemkot Magelang telah menganggarkan sekitar Rp 5,6 miliar. Seluruh OPD akan bergerak mewujudkan rangkaian kegiatan tersebut.
“Ada event yang sudah rutin digelar, seperti Grebeg Getuk, Rally Mobil Kuno, Festival Tidar, Agriflori, Kontes Kelinci dan lainnya. Lalu ada event baru juga, misalnya Pesona Tabebuya, Seminar Internasional, Kontes Taman Aquarium (Aquascape) dan sebagainya,” papar Kepala Bappeda Kota Magelang Joko Soeparno, dalam Ekspose Magelang Moncer Serius di Aula Adipura Kencana Magelang, kemarin.
Sejumlah strategi telah dirumuskan untuk dilaksanakan semua unsur Pemkot Magelang, antara lain penyelenggaraan event yang sudah ada dan terselenggara secara berkala, dikemas dan dipoles agar lebih menarik dan memenuhi nilai kepantasan. Lalu menciptakan event-event baru, menciptakan branding rangkaian event berupa kata atau kalimat yang mudah diingat, menciptakan logo event 2020, serta promosi dan publikasi secara gencar.
“Kemudian akan dibentuk kelembagaan berupa panitia/tim yang bersifat Ad-Hoc dengan koordinator dari Setda di bawahnya ada seksi-seksi. Nantinya juga ada sekterariat bersama sebagai tempat komunikasi dan koordinasi serta mengendalikan keseluruhan rangkaian kegiatan 2020,” imbuhnya.
Menurut Joko, strategi ini penting karena Pemkot Magelang ingin meningkatkan jumlah kunjungan wisata dengan mendatangkan masyarakat skala nasional dan internasional ke Kota Magelang. Dengan begitu, kunjungan wisatawan di Kota Magelang tidak hanya sehari saja, tetapi bisa lebih dari itu.
“Contoh kegiatan yang lebih dari sehari ini, seperti pelaksanaan MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition). Yang jelas kita ingin mempromosikan Kota Magelang dan memperkuat fungsi Magelang sebagai Kota Jasa,” imbuhnya.
Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono, menambahkan rangkaian kegiatan tersebut akan memberikan dampak positif secara komperhensif. Terutama terkait potensi pariwisata di Kota Sejuta Bunga.
“Selain itu akan ada peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Magelang,” ujarnya. (dbs/abi/tm)

Sumber :
 https://ungarannews.com/2019/11/02/dongkrak-wisatawan-2020-pemkot-magelang-anggarkan-event-moncer-serius-rp-56-miliar/

No comments:

Post a Comment