01 October 2019

tentang Sejarah Magelang - Restorasi Candi Borobudur

  • Pekerjaan Restorasi Akan Dilakukan Untuk Mencoba Menyelamatkan Candi Borobudur Tua Yang Berusia 11 Abad
    "Candi borobudur berdiri di atas bukit di Jawa Tengah. Itu salah satu keajaiban arsitektur dunia. Borobudur dikenal sebagai Candi, struktur Hindu-Buddha yang dibangun untuk tujuan keagamaan. Tidak ada yang tahu kapan candi itu dibangun, tetapi para ahli percaya itu beberapa waktu selama abad kedelapan. Dalam wilayah para Dewa ini, mesin crane tampak asing, tetapi mereka adalah jawaban untuk permintaan bantuan internasional yang dikirim pada tahun 1973, permohonan bantuan untuk menyelamatkan Borobudur. Candi kuno akan runtuh dan dalam bahaya runtuh. Ancaman terbesar bagi Borobudur berasal dari air dan pada tingkat tertentu, upaya restorasi sebelumnya. Berabad-abad terlupakan telah meninggalkan candi ditumbuhi pohon-pohon dan tanaman, tetapi, ketika mereka dibersihkan, rembesan air menjadi tanah dan puing-puing tersapu ke teras, tekanan menumpuk, dan ada bahaya besar bahwa seluruh struktur tiba-tiba akan terbelah pada lapisan-lapisan tersebut, sebesar 30 derajat. Para pekerja pemulihan yang terdiri dari 600 orang kini terlibat penuh waktu di candi. Sebagai perbandingan tahun 1973, jutaan dolar dinaikkan atau diminta, para ahli disewa dan komputer dibawa untuk memutuskan bagaimana menangani tugas besar itu. Dengan dimulainya pekerjaan, sebuah area yang menyerupai tempat parkir besar dibuat untuk mengambil bagian dari Borobudur saat dibongkar. Tetapi potongan-potongan itu dipindahkan ke sini hanya setelah prosedur pengangkatan yang hati-hati dan melelahkan. Karena setiap batu atau perawakannya diambil, dimensi dan posisinya di dalam candi disimpan dalam memori komputer. Tidak ada dua batu yang bentuk atau ukurannya sama. Setiap bagian yang dilepas akan melalui proses pelestarian khusus. Itu dibersihkan, dikeringkan, diperbaiki, dimasukkan melalui larutan kimia, dan kemudian disimpan sampai waktunya tiba untuk ditempatkan kembali ke posisi semula di Borobudur. Sejauh ini, satu juta, dua ratus ribu balok batu telah diambil dan dirawat. Meskipun pekerjaan dimulai di sisi Utara, sisi yang dalam bahaya terbesar, Borobudur dalam kondisi yang buruk semua bulat. Sisi timur dan barat telah bergerak sekitar 10 derajat. Diperkirakan bahwa Borobudur membutuhkan waktu lebih dari satu abad untuk dibangun. Bahkan sebelum selesai, arsiteknya menemukan bahwa ia dalam bahaya akan jatuh. Mereka mendukungnya dengan 160 pijakan terpisah. Pijakan ini telah menyatukannya selama 12 abad, dan para ahli mengatakan pemulihan saat ini akan memastikan bahwa Borobudur akan berdiri setidaknya seribu tahun lagi."
    Borobudur berarti 'Vihara Aspek Rahasia', dan merupakan piramida rendah yang terdiri dari platform surut. Para arkeolog menempatkan kemungkinan tanggal konstruksinya sebagai penutupan abad ke-18 Masehi. Banyak relief yang menggambarkan kehidupan Pangeran Siddharta dan evolusinya menjadi Buddha Gautama; dan perincian mereka menunjukkan kesenangan dan kejahatan Khamadhatu, atau dunia fisik. Ketika arkeolog dan ilmuwan membongkar cangkang luar dan mencapai lapisan dalam, mereka menemukan bahwa setidaknya empat candi sebelumnya telah dibangun dan dibangun kembali di atas gunung selama periode 778 hingga 842 - dinasti Sailendra. Para ilmuwan percaya bahwa, jika daftar memutuskan tidak segera diperbaiki, seluruh monumen bisa runtuh. Pemerintah Indonesia, yang sangat berkomitmen pada proyek ini, mengatakan pekerjaan restorasi harus diselesaikan dalam empat atau lima tahun ke depan. Namun, para ilmuwan khawatir dengan kecepatan pekerjaan. Mereka mengatakan bahwa hujan pada satu musim hujan, atau gempa bumi kecil, dapat membuat segalanya hancur.
    Latar Belakang: Sebuah tim yang terdiri dari 600 pekerja bekerja keras penuh waktu untuk mencoba menyelamatkan candi Buddha yang hancur di Borobudur di Indonesia. Sebelas abad tekanan luar biasa dari begitu besarnya gambar Buddha dan selubung mereka, ditambah rembesan air, telah memiringkan dinding bawahnya jauh dari benar. Pekerjaan restorasi kasar 70 tahun lalu memperburuk penurunan fisik candi. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) telah mengumpulkan lebih dari 11 juta dolar yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu. Warwick Beutler dari Komisi penyiaran Australia melaporkan tentang bagaimana pekerjaan restorasi mengalami kemajuan.
    Reportase : Warwick Beutler
    Tahun : 1978
    Hak cipta Reuters Limited
    Sumber : British Pathé
    Penterjemah : Google
    -2:58

No comments:

Post a Comment