23 March 2010

Tentang Sejarah Magelang - KISAH STUDIO FOTO & TUKANG POTRET

Oleh : Bagus Priyana
MAGELANG TEMPO DOELOE:
KISAH STUDIO FOTO & TUKANG POTRET (2)
STUDIO FOTO ERA 1930-1940
Bagi orang-orang Tionghoa sangat mudah membuat sendiri kamera dari kayu. Sedangkan untuk lensa di impor dari Jerman melalui kerabat mereka yang ada di Hongkong ataupun Singapura. Dominasi orang Tionghoa dalam membuka studio foto juga masuk ke wilayah kota Magelang. Banyak studio foto yang bertebaran di kota ini yang di miliki oleh orang Tionghoa, dikutip dari buku 'Damestooneeluitvoering 1938' misalnya saja ada Studio Foto “OEN LIEM” yang beralamat di Chinnese Kampement 93 atau di Jalan Pemuda kawasan Pecinan. Studio foto ini mengklaim sebagai studio foto yang modern di jamannya. Liat saja iklannya :
“OEN LIEM” STUDIO
CHIN. KAMP 93
MAGELANG
MODERNE en KUNSFOTOGRAFIE-LIJSTENMAKE
RIJ
Portret SIANG dan MALEM
Djoega bisa di panggil loear kota
HARGA MELAWAN ! ! !
Masih di kawasan Pecinan terdapat studio foto “WAHSON” di Grooteweg Zuid No. 3 yang menerima layanan jasa KUNST-FOTO-ATELIER. Tak hanya di kawasan Pecinan, di sisi utara tepatnya di Groote Weg Noord No. 49, juga ada Photograafer handal Foto Atelier “LIE JAUW MING” dengan slogannya Je adres op het gebied van Photographie atau artinya alamat yang tepat untuk fotografi ‘Dag en Nachtopnamen’. Di studio foto ini menyediakan juga kamera yang di jual seperti Agfa, Kodak dan Gevaert. Tidak hanya melayani pemotretan dan penjualan kamera saja, LIE JAUW MING juga menjual Rolfilms, Filmpacks, Platen dan Cine Films. Studio foto ini persis di utara tidak legendaris Bie Sing Ho, toko penjual roti, es krim dan makanan minuman lainnya. Lie Yauw Ming kini menjadi eks toko pakan ternak 'Sido Agung' Poncol. Pada tahun 1950-an, studio foto ini berpindah ke Pecinan no. 9.
Bersebelahan dengan studio foto LIE JAUW MING terdapat studio foto GAH HIEN di Grooteweg Noord Pontjol no. 43. Tetapi studio foto ini eksis di era tahun 1950-an.
Tampak pada foto di bawah ini adalah suasana reli motor di tahun 1935 dengan latar belakang sebelah kiri merupakan Studio Foto "LIE YAUW MING".
(Bersambung)
Komentar


Sumber :
Bagus Priyana

No comments:

Post a Comment