11 September 2024

Jejak Sejarah Indonesia Banyak Tersimpan di Tropenmuseum Belanda SEBAGAI negara yang pernah menjajah Indonesia , Belanda menyimpan banyak benda² bersejarah maupun dokumentasi penting terkait perjalanan Indonesia menuju kemerdekaan. Semua itu tersimpan rapi di berbagai museum yang ada di negeri kincir angin. Salah satu museum yang concern mengangkat sejarah perjalanan bangsa Indonesia ialalah Tropenmuseum di Kota Amsterdam.. Tropenmuseum terletak di Kota Amsterdam, Belanda dan berdiri pada 1864. Museum ini dinobatkan sebagai museum etnografi dan antropologi terbesar di kota itu. Museum ini mengumpulkan berbagai benda bersejarah yang merupakan warisan dari kolonial Belanda. Tropenmuseum memiliki banyak koleksi peninggalan dari Indonesia. Salah satu hal menarik adalah, museum ini menampilkan berbagai koleksi foto dan video tentang potret riil Indonesia semasa penjajahan Belanda. 4 Fakta Menarik Jejak Sejarah Indonesia di Tropenmuseum : 1. Relief menggambarkan kehidupan masyarakat Hindia-Belanda Di salah satu sisi bangunan terdapat relief yang menceritakan kehidupan penduduk Hindia Belanda saat pendudukan VOC. 2. Jujur tentang masa pendudukan VOC Satu hal yang menarik, museum ini tidak menutup-nutupi bagaimana kekerasan yang dilakukan oleh tentara VOC sejak mereka datang ke bumi ibu pertiwi. Mereka juga menceritakan secara detail bagaimana program tanam paksa dilakukan yang membuat VOC semakin tajir melintir kala itu. Pengelola Tropenmuseum juga berani membenarkan jika barang-barang di sana merupakan hasil rampasan di masa pendudukan Belanda. 3. Relief Borobudur Di museum ini, terdapat beberapa potongan relief Borobudur asli yang dibawa ke Belanda dan dicat warna putih. Relief-relief ini menggambarkan kisah-kisah agama Buddha seperti yang terdapat di Candi Borobudur. 4. Mengakui kemerdekaan Indonesia bukan hasil pemberian Di Tropenmuseum, perjuangan rakyat Indonesia menuju kemerdekaan benar-benar digambarkan dengan gamblang.. πŸ‘‰ Mohon maaf, jika ada kesalahan, kekeliruan dan bila berkenan, silahkan di lengkapi, kekurangan informasi nya.. πŸ™ Sumber ⤵️ UsniHariyantox palingujung_EbiiBerkah #sejarah #jangkauanluas #belandaindonesia #penjajah

 Jejak Sejarah Indonesia Banyak Tersimpan di Tropenmuseum Belanda


SEBAGAI negara yang pernah menjajah Indonesia , Belanda menyimpan banyak benda² bersejarah maupun dokumentasi penting terkait perjalanan Indonesia menuju kemerdekaan.



Semua itu tersimpan rapi di berbagai museum yang ada di negeri kincir angin.

 Salah satu museum yang concern mengangkat sejarah perjalanan bangsa Indonesia ialalah Tropenmuseum di Kota Amsterdam..


Tropenmuseum terletak di Kota Amsterdam, Belanda dan berdiri pada 1864.

 Museum ini dinobatkan sebagai museum etnografi dan antropologi terbesar di kota itu. Museum ini mengumpulkan berbagai benda bersejarah yang merupakan warisan dari kolonial Belanda.


Tropenmuseum memiliki banyak koleksi peninggalan dari Indonesia. 

Salah satu hal menarik adalah, museum ini menampilkan berbagai koleksi foto dan video tentang potret riil Indonesia semasa penjajahan Belanda. 


4 Fakta Menarik Jejak Sejarah Indonesia di Tropenmuseum : 


1. Relief menggambarkan kehidupan masyarakat Hindia-Belanda


Di salah satu sisi bangunan terdapat relief yang menceritakan kehidupan penduduk Hindia Belanda saat pendudukan VOC.


2. Jujur tentang masa pendudukan VOC


Satu hal yang menarik, museum ini tidak menutup-nutupi bagaimana kekerasan yang dilakukan oleh tentara VOC sejak mereka datang ke bumi ibu pertiwi. 


Mereka juga menceritakan secara detail bagaimana program tanam paksa dilakukan yang membuat VOC semakin tajir melintir kala itu.


Pengelola Tropenmuseum juga berani membenarkan jika barang-barang di sana merupakan hasil rampasan di masa pendudukan Belanda.


3. Relief Borobudur


Di museum ini, terdapat beberapa potongan relief Borobudur asli yang dibawa ke Belanda dan dicat warna putih.


Relief-relief ini menggambarkan kisah-kisah agama Buddha seperti yang terdapat di Candi Borobudur.


4. Mengakui kemerdekaan Indonesia bukan hasil pemberian


Di Tropenmuseum, perjuangan rakyat Indonesia menuju kemerdekaan benar-benar digambarkan dengan gamblang..


πŸ‘‰ Mohon maaf, jika ada kesalahan, kekeliruan dan bila berkenan, silahkan di lengkapi, kekurangan informasi nya..

πŸ™


Sumber ⤵️

UsniHariyantox

palingujung_EbiiBerkah

#sejarah 

#jangkauanluas 

#belandaindonesia

#penjajah

No comments:

Post a Comment