11 September 2024

CIKAL BAKAL ORANG JAWA Asal-usul orang Jawa masih menjadi topik yang hangat diperbincangkan, di antaranya: Migrasi dari Taiwan Suku Jawa diperkirakan berasal dari Taiwan dan bermigrasi ke Jawa melalui Filipina antara tahun 1500 SM hingga 1000 SM. Pangeran kerajaan Kling Menurut Babad Jawa Kuno, nenek moyang suku Jawa berasal dari seorang pangeran kerajaan Kling yang tersisih dari perebutan kekuasaan. Raja Rum Menurut surat kuno dari keraton Malang, suku Jawa berasal dari Raja Rum, Raja dari kesultanan Turki pada 450 tahun SM. Aji Saka Menurut tulisan India kuno, Aji Saka adalah orang pertama yang menginjakkan kaki di Jawa. Manusia purba Menurut penelitian arkeolog, manusia purba seperti Pithecanthropus Erectus dan Homo erectus merupakan cikal-bakal keberadaan manusia Jawa. Nama Jawa berasal dari kronik berbahasa Sanskerta yang menyebut adanya pulau bernama yavadvip(a). Dvipa berarti "pulau", dan yava berarti "jelai" atau juga "biji-bijian".

 CIKAL BAKAL ORANG JAWA



Asal-usul orang Jawa masih menjadi topik yang hangat diperbincangkan, di antaranya: 


Migrasi dari Taiwan

Suku Jawa diperkirakan berasal dari Taiwan dan bermigrasi ke Jawa melalui Filipina antara tahun 1500 SM hingga 1000 SM. 


Pangeran kerajaan Kling

Menurut Babad Jawa Kuno, nenek moyang suku Jawa berasal dari seorang pangeran kerajaan Kling yang tersisih dari perebutan kekuasaan. 


Raja Rum

Menurut surat kuno dari keraton Malang, suku Jawa berasal dari Raja Rum, Raja dari kesultanan Turki pada 450 tahun SM. 


Aji Saka

Menurut tulisan India kuno, Aji Saka adalah orang pertama yang menginjakkan kaki di Jawa. 


Manusia purba

Menurut penelitian arkeolog, manusia purba seperti Pithecanthropus Erectus dan Homo erectus merupakan cikal-bakal keberadaan manusia Jawa. 


Nama Jawa berasal dari kronik berbahasa Sanskerta yang menyebut adanya pulau bernama yavadvip(a). Dvipa berarti "pulau", dan yava berarti "jelai" atau juga "biji-bijian".

No comments:

Post a Comment