30 October 2023

Silsilah Kanjeng Sunan Mojogung

 SILSILAH KANDJENG SUNAN MOJOGUNG


Pada beberapa abad yang lalu salah satu keturunan dari Trah Bani Asin dari Nagari Arab berlayar bersama beberapa pengikutnya dan akhirnya mendarat di Tanah Jawa. Dan bermukim di bekas wilayah kerajaan Mataram Hindu, beliau bernama Syech Maulana Djumadil Qubra. Tujuan utama berkelana adalah syiar agama Islam. Syech Maulana Djumadil Qubra dikenal pula dengan julukan Ki Ageng Mataram I. Setelah wafat beliau dimakamkan di puncak Gunung Plawangan, dikaki Gunung Merapi di sebelah selatan Tanah Mataram.


Syech Maulana Djumadil Qubra memiliki 22 anak. Putra bungsunya bernama Sajid Musrail. Sajid Musrail berkelana hingga sampai di Tanah Magribi dan dikenal dengan nama Sultan Syarif ing Maghribi.

Sultan Syarif ing Maghribi menikah dengan Siti Tabiroh putri dari Maulana Sultan Tadjudin Madinil Qubra ( kakak Sultan Syarif ing Maghribi ) menurunkan :


1. Sajid Muzhakir dan disebut dengan nama  Kangjeng Susuhunanan Atas Angin. Ketika wafat dimakamkan di Cirebon

2. Sajid Ahlidhakir dan disebut dengan nama Syeh Maulana Maghribi. Ketika beliau wafat dimakamkan di Gunung Mantjingan Yogya.


Sajid Muzhakir atau Susuhunan Atas Angin memiliki 3 putra :


1. Sajid Djahiduhin Atas

Sajid Djahiduhin Atas menikah dengan putri Sultan Cirebon, dan ketika Sultan Cirebon wafat, Sajid Djahiduhin menggantikan kedudukan sang mertua dengan gelar Sultan Djahidubinatas Abu Nakit Alahbar dan menjadi Sultan Cirebon yang kedua.

Sultan Cirebon II menurunkan :


1.1 Nyai Ageng Djatisworo, beliau menikah dengan Sunan Mojogung II ing Gunung Jati.

1.2 Nyai Ageng Woriyopodo, beliau menikah dengan Pangeran Musakih Muchamad atau Susuhunan Mukti ing Darajat. Ketika pindah ke Cirebon di Gunung Woriyo bergelar Susuhunan Woriyodo.

1.3 Sajid Ngusmanakit bertempat tinggal di Modang, ketika sang Bapak wafat, beliau diangkat menggantikan kedudukannya dengan gelar Sultan Ngusmankit  Djahiduatas Alahbar. Ketika pindah ke Modang berganti nama Kangdjeng Susuhunan Modang. Susuhunan Modang menikah dengan putri Susuhunan Atas Angin II menurunkan :

1.3.1 Pangeran Pangalasan 

1.3.2 Perempuan menikah dengan Pangeran Pakaos

1.3.3 Perempuan menikah dengan Pangetan Pudjargo dari Negeri Tjempo


2. Sajid Ngabdullah Binatas 

Beliau dikenal dengan nama Kandjeng Sunan Mojogung ing Gunung Jati Tanah Cirebon. Dan ketika wafat dimakamkan di Cirebon.

Beliau menurunkan putra sbb:

2.1 Susuhunan Mojogung II

Susuhunan Mojogung II menikah dengan Nyai Ageng Djatisworo melahirkan Susuhunan Mojogung III ing Gunung Jati III.

Susuhunan Mojogung III menikah dengan putri Pangeran Maksum Cirebon menurunkan Pangeran Sumedang I.


2.2 Perempuan menikah dengan Syech Ngabidullah ing Wonosobo ( putra R Bondhan Kajawan )


2.3 Perempuan menikah dengan Syech Ngabdullah ing Getas Pendowo (  putra R Bondhan Kajawan )


3. Seorang perempuan

Menikah dengan Dyan Jang Margono, putra Sri Prabu Hardjokusumo atau Sri Pamekas ing Kedaton Pajajaran. Ketika Susuhunan Atas Angin  I wafat Dyan Jang Margono diangkat menjadi Susuhunan Atas Angin II




No comments:

Post a Comment