30 October 2023

NH DINI - ORANG ORANG TRAN

 Sebuah iklan buku baru dari Penerbit Sinar Harapan. Buku ini berjudul “Orang-orang Trans” karya dari penulis wanita kenamaan Indonesia yaitu NH Dini. Di tahun 1985, buku in dijual seharga RP.3000,-. 

Buku ini mengisahkan seorang pemuda bernama Samirin yang baru lulus sekolah guru (SPG, setingkat SMA). Ia berusaha mencari pekerjaan, namun keburu diisi oleh para pencari kerja yang sudah punya kenalan “orang dalam”. Ayahnya menyarankan Samirin untuk meminta bantuan kerabatnya, namun Samirin tetap pada pendiriannya, ingin mencari pekerjaan dengan usahanya sendiri. Maka terjadilah pertikaian antara ayah dan anak.


Samirin memutuskan pergi dari rumah, dengan meminang kekasihnya bernama Marsi. Bagi ayah Marsi tak keberatan mempunya menantu Samirin meski menganggur, Samirin rajin membantu usahanya membuat tahu.


Ketika dibuka lowongan tenaga guru untuk ditempatkan di  daerah transmigrasi di pelosok Kalimantan Selatan, maka mendaftarlah Samirin.  Di lokasi transmigrasi, tiap hari setelah mengajar, Samirin harus bertarung dengan terik matahari, hujan dan kekeringan. Ketika malam , hewan penganggu sering muncul dan merusak ladang karena lapar akibat hutan mereka diambil alih manusia. Belum lagi hama dan penyakit tanaman, dan penyakit yang menyerang para transmigran yang tidak dikenalnya di tanah Jawa. 


Samirin juga sering mendapat tugas rapat di dinas yang harus ditempuh puluhan kilometer menembus hutan dan rawa, yang hanya menghabiskan waktu dan uang. Jika sekolah tidak mengirimkan guru untuk rapat, maka sekolah tersebut bakal ditandai. Ini menjadi dilema tersendiri bagi Samirin, antara mengajar dan bekerja di ladang, atau menghabiskan waktu seharian ikut rapat di kantor Dinas...


Bagi yang sedang melakukan riset atau penelitian dengan transmigrasi di era Orde Baru, buku ini layak untuk dibaca.


Sumber: 29-9-1985, hal 13, kol 4-5. Koleksi Surat Kabar Langka Salemba-Perpustakaan Nasional RI (SKALA-Team).



#buku #kesusastraan #bacaan #transmigrasi

No comments:

Post a Comment