26 October 2023

Mata Uang

 Mata uang kenangan merupakan lembaran atau kepingan uang yang juga sah sebagai alat pembayaran dari suatu negara. Mata uang ini juga merupakan benda bersejarah dan pencerminan keadaan dari negara tersebut. Apa yang terkandung dan tergambar dalam mata uang kenangan tersebut biasanya berkaitan dan sengaja dibuat agar mewakili gambaran peristiwa maupun situasi yang sedang terjadi pada masa itu. 


Penerbitan mata uang kenangan merupakan peristiwa yang menarik dan penting bagi para numismatis, apalagi benda-bendanya. Beberapa mata uang kenangan dengan tema yang terkenal dan langka merupakan incaran dan selalu dicari oleh para pengumpul mata uang, serta mempunyai nilai yang tinggi. Biasanya pencetakan mata uang kenangan ini dibuat dalam jumlah yang sangat terbatas dan mutu serta pembuatannya dengan teknik yang sempurna sehingga cocok sebagai collector Item. 


 Ada 3 kelompok tema yang tercermin dalam mata uang kenangan, dilihat dari tujuannya, yaiti

1. Pengabadian peristiwa penting atau bersejarah;

2. Pengingat atas suatu hari yang bersejarah;

3. Penghormatan kepada seorang yang berjasa (pahlawan).


Seperti beberapa mata uang kenangan dalam potret berikut ini yang penah dicetak di Indonesia, diantaranya Uang Logam Riau seri Soekarno, Keluarga Berencana, pangeran Diponegoro, uang kertas seri Sudirman dan Seri Sukarelawan atau Sukarelawati. 


Sumber: Kompas, 31 Januari 1982 Halaman 3 Kolom 1. Koleksi Layanan Surat Kabar Langka Terjilid Perpustakaan nasional RI (SKALA TEAM)



#MataUangKenangan

No comments:

Post a Comment