01 August 2022

Sejarah Magelang - Tjong Mei Siang yang Gilang Gemilang

 TJONG MEI SIANG YANG GILANG GEMILANG


Oleh : Dedy Soeprijadi


Pada tahun 60-an bagi saya Kota Magelang adalah Indonesia dalam miniatur.

Berbagai etnis lengkap ada disini 

Di Ngentak dimana banyak anggota ARMED (Artileri Medan) banyak etnis Manado tinggal.

Anggota TNI dari Kavaleri terbanyak dari Ambon 


Di Meteseh anak2 asuhan Pa Van Der Stur dari berbagai suku dan juga bahkan anak2 Indo Belanda lengkap ada disitu.


Orang2 keturunan Arab banyak membuka toko meubel dan diantaranya banyak yang tinggal di Menowo dan Potrobangsan.


Orang2 keturunan Tionghoa selain disepanjang Pecinan dan Poncol juga disekitar pasar besar dan tempat2 elit seperti Gladiol misalnya.


Hati saya pernah tertambat pada Tjong Mei Siang gadis keturunan dengan tubuh atletis , rambut pendek dan wajah periang .

Dia tinggal di Poncol dekat studio RPD saat itu.

Beberapa kali saya membuat sajak untuknya dan dimuat diharian Angkatan Bersenjata di Semarang saat itu.


TJong Mei Siang gadis Gilang gemilang yang pernah saya temui.

Dan seperti layaknya gadis Magelang saat itu, bau keringatnya pun selalu segar dan menimbulkan gairah yang me-nyala2.


Magelang dari dulu gudangnya gadis menawan.

Dari keturunan apapun dia.

Se-umur2 saya tak pernah menyesal jadi orang Magelang

No comments:

Post a Comment