20 May 2019

Tentang Sejarah Magelang - Tahu Pojok Magelang


Oleh : Alfa Octaviano Wono ke Hits From The 80's & 90's

Tahu Pojok Magelang bertempat di kios sekitar 30 meter sebelum alun-alun Magelang, deretan ruko sederhana dengan keramahan pelayannya memenuhi rasa penasaran Anda terhadap kuliner khas Jawa ini.
Saat melangkah masuk, perhatian Anda akan tersita ke dinding yang dipenuhi foto berpigura. Foto-foto itu menampilkan sosok artis, jenderal, pejabat, hingga presiden yang pernah makan di kedai tersebut.
Sebut saja mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono bersama istrinya, lalu Puan Maharani, Walikota Semarang Hendrar Prihadi, artis Christine Hakim, hingga Indro Warkop DKI, dan masih banyak sosok terkenal lain.
Indri bersama kakaknya adalah generasi ketiga yang mewarisi resep Kupat Tahu Magelang ini. Kios ini ternyata sudah berdiri sejak 1942, selain resep tradisional yang diwariskan oleh buyutnya, para jenderal dan artis yang dahulu bersekolah di Magelang pun turut "mewariskan" kabar kenikmatan yang mereka rasakan. Tak heran kios ini salah satu yang paling ramai terlebih ketika jam makan siang dan malam.
Kupat Tahu Magelang berbumbu kacang bercampur tauge. Dari tampilan awal, sangat mirip dengan Tahu Gimbal khas Semarang, tetapi bedanya tidak menggunakan gimbal atau bakwan udang. Di Magelang sendiri Kupat Tahu memiliki dua jenis bumbu kacang, ada yang kacangnya halus, ada pula yang kacangnya digiling kasar. Kedai ini termasuk yang menggilingnya secara halus, sehingga mengalir ketika dilumat
Untuk menghilangkan dahaga, terdapat minuman tradisional seperti sekoteng, jahe, dan ronde, selain itu masih banyak pilihan minuman lainnya.

No comments:

Post a Comment