06 May 2019

Tentang Sejarah Magelang - PADUSAN, ADUS DAN TRADISI (2)

    MAGELANG TEMPO DOELOE:
    PADUSAN, ADUS DAN TRADISI (2)
    Salah satu tempat favorit untuk padusan menjelang ramadhan adalah di Umbul Blabak. Umbul, mudal atau pemandian ini berada di belakang eks pabrik kertas Blabak, tidak jauh dari eks Stasiun Blabak. Cukup berjalan sekitar 5-10 menit, anda bisa menempuh jalan beraspal melewati bekas-bekas rumah dinas pabrik itu.
    Lokasi umbul/mudal bersebelahan dengan perkampungan. Sebuah bangunan tua akan menyapa setiap pengunjung. Belum diketahui mulai kapan pemandian ini dibangun. Mungkin sekitar tahun 1920-1930-an jika merunut dari dokumentasi foto-foto lama. Saat itu, orang-orang Eropa tak sungkan untuk menikmati kesegaran air alami ini. Jika dari Magelang, orang-orang Eropa akan naik kereta api dari Stasiun Magelang Kota atau Stasiun Magelang Pasar lalu turun di Stasiun Blabak. Dengan berjalan kaki beberapa menit, sampailah di kolam renang ini.
    Kolam pemandian cukup luas, meski tak seluas pemandian Kali Bening di Payaman. Mungkin berukuran sekitar 20x20 meter. Debit dan kejernihan air juga cukup besar. Bangunan induk tidak berubah dari masa ke masa.
    Seperti tampak di komparasi 2 foto di bawah ini. Terlihat bahwa kondisi kolam mengalami perubahan pada bagian depannya. Jika di foto lama hanya 1 kolam luas tanpa pembagian kedalaman dan zona peruntukkan. Sedangkan di foto baru terlihat kolam dibagi untuk anak-anak dan dewasa.
    Saat ini, umbul/mudal Blabak sudah berbenah. Di beberapa bagian sudah diperbaiki agar makin menarik dan nyaman untuk pengunjung. Masyarakat setempat memiliki andil dalam upaya mengenalkan umbul dalam wajah baru.
    Nama baru pun disematkan, yakni Sendang Hageng Tirta Kencana.
    Padusan menjelang puasa bagi masyarakat tidak hanya sekadar mandi biasa secara fisik, tapi juga pembersihan diri secara psikis.
    (Bersambung)
    Komentar
  • Tintony Rizan Ghani pernah mrene, ora nyebur, tapi mam kupat 😁
  • Cahyo W S Pas jelajah spoor pernah mampir di tempat itu ya mzBagus Priyana
  • Kanjeng Ibnu Menyejukkan
  • Balas
  • 1 jam

No comments:

Post a Comment