01 May 2019

Tentang Sejarah magelang - SELAMAT HARI TARI SE-DUNIA 29 April 2019

oleh : Bagus Priyana

Kami, siswa-siswa MOSVIA Magelang tahun 1937 mengucapkan:
SELAMAT HARI TARI SE-DUNIA 29 April 2019🙏
Nb: 
MOSVIA atau (Middelbare Opleiding School voor Inlandsche Ambtenaren) adalah sekolah calon pangreh praja untuk kaum pribumi. Lokasinya di Jl. Aloon-aloon Selatan (kini Polres Magelang Kota).
=======
Berbicara soal tari, hari ini tengah diperingati Hari Tari Sedunia, Senin (29/4/2019).
Ya, 29 April merupakan momen di mana masyarakat di seluruh dunia menampilkan keindahan seni tari dari budaya daerah masing-masing.
Melansir dari berbagai sumber, Hari Tari pertama kali muncul pada 1982, dicanangkan oleh Lembaga Tari Internasional CID-Counseil International de la Danse. Tujuannya yakni untuk mengajak seluruh warga dunia berpartisipasi dalam menampilkan beragam tarian negara mereka.
Pada 2003, Profesor Alkis Raftis yang saat itu menjadi Presiden CID mengatakan, pelestarian budaya menari masih sangat minim. Kala itu tak ada lembaga atau organisasi yang mewadahi bidang seni tersebut secara memadai. Tidak ada pendidikan seni tari, sehingga ketertarikan warga untuk menekuni bidang tari tergolong rendah.
Karena itu, bersama UNESCO, CID menjadi wadah bagi warga dunia untuk mementaskan pertunjukan tari dari budaya mereka. Dengan begitu, diharapkan semua generasi muda dapat terus melestarikan budaya melalui seni tari.

No comments:

Post a Comment