01 May 2019

Tentang Sejarah Magelang - CIKAL BAKAL UNIVERSITAS TIDAR MAGELANG

Oleh : Bagus Priyana

MAGELANG TEMPO DOELOE:
CIKAL BAKAL UNIVERSITAS TIDAR MAGELANG (4 - HABIS)
Akademi Uang & Bank (AKUB) yang beroperasi sejak tahun 1968, telah berhasil meluluskan 16 Sarjana Muda Perbankan dengan perincian 6 orang di tahun 1972 dan 10 orang di tahun 1973. Sedangkan Akademi Bahasa Asing yang beroperasi sejak tahun 1969 dengan jurusan Bahasa Inggris berhasil meluluskan 10 orang Sarjana Muda pada tahun 1973.
Setiap tahun, akademi yang berada di satu yayasan ini selalu berhasil meluluskan sarjana. Termasuk di tahun 1975, untuk memeriahkan acara kelulusan, kedua akademi ini menggelar acara perpisahan secara bersama-sama.
Beberapa foto di bawah ini dapat disimak, bagaimana suasana kemeriahan acara perpisahan mahasiswa AKUB dan ABA di tahun 1975 ini.
Kelak, kedua akademi ini menjadi cikal bakal sebuah universitas swasta di Magelang, yakni Universitas Tidar. Dan kelak pula, Sukimin Adiwiratmoko dan Sutrisman menjadi tokoh ternama di dunia pendidikan dan kebudayaan di Magelang, termasuk membidani kelahiran Universitas Tidar Magelang.
(Habis)
Komentar
  • Fitri Indriastuti Apa betul bapak Sukimin Adiwiratmoko lenggahnya di Jambon Kidul ?
    Tulis balasan...

  • Daru Priyatno Waktu itu lenggaahnya di Kampung Potrosaran.
  • Paulus Wardoyo Melihat perkembangan Universitas Tidar dr PTS menjadi PTN tentunya menarik. Namun ada yg disayangkan, keterkaitan antara Universitas Tidar setelah berstatus PTN , universitas ini klo menyelenggarakan Dies pasti tidak dimulai dr sejak ia dilahirkan 1979 tapi Dies Natalis dihitung sejak berstatus PTN. Jadi aneh.....sptnya pengurusnya telah melupakan sejarah dan kiprah para perintis berdirinya Unv Tidar.
    1

No comments:

Post a Comment