17 November 2019

Bappeda Kota Magelang - Kota Magelang Berpeluang Raih RKCI 2019

Kota Magelang Berpeluang Raih RKCI 2019

 Fokus Melayani Masyarakat

VERIFIKASI: Kabid Lalu Lintas dan Perparkiran Dishub Kota Magelang, Chandra Wijatmiko Adi menerima tim verifikator RKCI 2019 dari ITB saat verifikasi di Command Center Kota Magelang. (suaramerdeka.com / Asef Amani)
VERIFIKASI: Kabid Lalu Lintas dan Perparkiran Dishub Kota Magelang, Chandra Wijatmiko Adi menerima tim verifikator RKCI 2019 dari ITB saat verifikasi di Command Center Kota Magelang. (suaramerdeka.com / Asef Amani)


*

MAGELANG, suaramerdeka.com– Kota Magelang berpeluang meraih penghargaan sebagai Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) tahun 2019 untuk kategori kota kecil. Hal ini dipastikan setelah masuk dalam 32 besar dari 93 daerah yang turut serta dalam kompetisi bergengsi ini.
Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito mengaku, bersyukur bisa masuk nominasi penerima penghargaan lagi. Sebelumnya, di tahun 2015 dan tahun 2017 Kota Sejuta Bunga menempati rangking pertama Kota Cerdas. “Capaian ini dari waktu ke waktu terus kita evaluasi, kita tingkatkan. Tujuannya agar pengelolaan kota semakin profesional dan memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat,” ujarnya, Jumat (4/10).
Dia menuturkan, pihaknya optimis akan menempati peringkat pertama lagi, sehingga hatrick di penghargaan tersebut. Namun, ditegaskannya, apa yang sudah dilakukan selama ini semata untuk melayani masyarakat. “Prestasi yang diraih merupakan buah kerja keras semua komponen, termasuk masyarakat sendiri. Yang pasti, Pemkot Magelang akan terus berupaya mengelola kota dengan baik dan efisien supaya warga masyarakat terlayani dengan baik,” katanya.
Meski selalu menjadi langganan raihan RKCI, Sigit berkeinginan tidak cepat berpuas diri. Terlebih, masih ada sejumlah aspek yang perlu diperbaiki dan dikembangkan terus ke depannya. “Kami komitmen untuk kota cerdas ini akan terus ditingkatkan supaya ke depan bisa memberi efek positif yang lebih kepada masyarakat. terutama efisiensi dan efektivitas layanan pemerintah kepada rakyat,” tandasnya.
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang, Joko Soeparno menambahkan, RKCI diinisiasi oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) guna menumbuhkan awareness mengenai Smart City dengan melakukan peratingan kota-kota berdasarkan inisiasi dan implementasi kota tersebut terhadap smart city.
“Penghargaan ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan terbagi dalam tiga kategori, yakni kategori kota besar, kota sedang, dan kota kecil. Kita masuk kategori kota kecil, karena memang luasannya hanya sekitar 18,35 km2,” jelasnya.

(Asef Amani/CN26/SM Network)


Sumber :
https://www.suaramerdeka.com/news/baca/200903/kota-magelang-berpeluang-raih-rkci-2019

No comments:

Post a Comment