10 April 2019

Bappeda Kota Magelang - KOTA MAGELANG RAIH PANGRIPTA ABIPRAYA Kado Spesial Hari Jadi Kota Magelang ke-1112


KOTA MAGELANG RAIH PANGRIPTA ABIPRAYA

Kado Spesial Hari Jadi Kota Magelang ke-1112

MAGELANG, KRJOGJA.com - Pada saat memperingati Hari Jadi Kota Magelang ke-1112 tahun 2018, Kota Magelang berhasil meraih penghargaan Anugerah Pangripta Abipraya tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 sebagai perencana pembangunan daerah dengan predikat sangat baik.  
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang Joko Soeparno kepada wartawan, Kamis (12/4/2018), mengatakan penghargaan ini diterima Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT di sela mengikuti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Kamis.
"Kota Magelang berhasil meraih predikat sangat baik. Penghargaan diterima langsung oleh Pak Walikota," kata Joko. Atas keberhasilan ini, Kota Magelang menerima PIN perak dan mendapat insentif bantuan keuangan Rp 500 juta dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
Sebelum menerima penghargaan, kata Joko, Kota Magelang terlebih dahulu menjalani beberapa tahapan penilaian,  mulai dari tahap 1 penilaian dokumen, tahap 2 verifikasi, dan proses verifikasi pada 16 Maret 2018. "Esensinya yang dinilai tidak hanya dokumen perencanaan saja, tetapi hasil dari perencanaan juga. Hal itu tercermin dari bobot nilai yang tinggi untuk aspek pencapaian," jelasnya.
Beberapa hal yang dilihat dipencapaian adalah perbandingan antara target dan realisasi terhadap pertumbuhan ekonomi, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita, indeks pembangunan manusia (IPM), prosentase penduduk miskin, tingkat pengangguran terbuka, jumlah penganggur, dan aspek ketertiban.
Dari aspek perencanaan, yang dinilai adalah proses dan pendekatan. Dari proses perencanaan dilihat aspek keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman, keterukuran. Sedangkan aspek pendekatan dilihat dari penerapan analisis secara teknokratis, penerapan partisipasi dari beberapa pihak dalam menyusun rencana, aspek politis, aspek pelaksanaan bottom up-top down, serta inovasi yang terdiri dari inovasi proses dan kebijakan.
Walikota Magelang berharap penghargaan yang diraih mampu ditindaklanjuti dengan peningkatan hasil perencanaan dan keterlibatan semua pihak. "Karena hasil yang diukur dari beberapa indikator mencerminkan hasil pembangunan yang harus kita raih," katanya.
Walikota Magelang merasa bangga karena penghargaan ini diterima bersamaan dengan momen peringatan Hari Jadi Kota Magelang. "Ini menjadi kado spesial untuk warga Kota Magelang. Tentu bukan karena penghargaannya saja, tetapi semata-mata semangat pemerintah untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik dan memajukan kesejahteraan masyarakat," katanya.
Ke depan, lanjut Walikota Magelang, pihaknya akan terus berkomitmen untuk membuat kebijakan yang pro rakyat. "Apa yang dibutuhkan rakyat akan menjadi pertimbangan penting dalam setiap proses perencanaan pembangunan daerah," tambahnya.(Tha)

Sumber :
https://krjogja.com/web/news/read/63211/Kado_Spesial_Hari_Jadi_Kota_Magelang_ke_1112

No comments:

Post a Comment