31 August 2024

SUKU KALANG MAJAPAHIT Kerajaan Majapahit seperti yang kita ketahui sangat berambisi menyatukan nusantara, dimana salah satunya adalah tanah Borneo. Majapahit sangat berambisi untuk menguasai tanah Borneo karena melalui informasi telik sandinya mengabarkan ada dua kerajaan yang sangat makmur di sana. Dua kerajaan tersebut adalah Tanjung Puri dan Nan Sarunai, sehingga pada 1356 M Majapahit mengirim ekspedisi militer pertamanya ke Borneo. Penyerangan pertama di tanah Borneo oleh Majapahit pada 1309 M, dengan 40.000 yang menyerang kerajaan Nan Sarunai. Akan tetapi penyerangan pertama mengalami kegagalan, disini peran Suku Kalang atau Wong Kalang terlihat. Dilansir melalui jurnal yang berjudul Asal Muasal Wong Jonegoro: Tinjauan Historis Hubungan Wong Kalang dan Masyarakat Samin Bojonegoro, yang di tulis oleh Firza Azzam Fadilla dan Agus Danugroho, kisah tentang kehadiran komunitas masyarakat kuno Kalang ternyata juga pernah termaktub dalam kitab paling sohor dari era Kerajaan Majapahit, Kitab Negarakertagama. Suku Kalang yang ditugaskan menjaga hutan dari serangan musuh, mereka mereka sendiri sudah lama dikenal sebagai orang-orang yang sakti mandraguna. Mereka bermukim di Pulau Jawa terkhusus di wilayah perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, contohnya di Kabupaten Blora dan Rembang di Jawa Tengah, serta di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban di Jawa Timur. Dalam perang melawan Dayak suku Kalang membawa kemenangan hebat bagi Majapahit, sehibgga memberikan kegembiraan. Pasukan dayak tunduk pada Wong kalang pasalnya kemampuan pasukan Kalang sangat luar biasa di medan pertempuran. Selain itu, dengan kesaktiannya, mereka juga dipekerjakan sebagai pembuat candi, suku ini merupakan pasukan Majapahit yang kuat namun sayangnya mereka bar - bar. Konon, Wong Kalang mampu mengangkat batu yang sangat besar, ketika berperang melawan suku Dayak yang dikenal sakti pun Majapahit banyak membawa tentara Kalang, sehingga akhirnya memperoleh kemenangan besar. ~ (Padepokan Tunggul wulung Pagar Alam) #sukukalang #sukusamin #blora #tentarakalang #fbpro #fyp

 SUKU KALANG MAJAPAHIT 


Kerajaan Majapahit seperti yang kita ketahui sangat berambisi menyatukan nusantara, dimana salah satunya adalah tanah Borneo.


Majapahit sangat berambisi untuk menguasai tanah Borneo karena melalui informasi telik sandinya mengabarkan ada dua kerajaan yang sangat makmur di sana.


Dua kerajaan tersebut adalah Tanjung Puri dan Nan Sarunai, sehingga pada 1356 M Majapahit mengirim ekspedisi militer pertamanya ke Borneo.


Penyerangan pertama di tanah Borneo oleh Majapahit pada 1309 M, dengan 40.000 yang menyerang kerajaan Nan Sarunai.


Akan tetapi penyerangan pertama mengalami kegagalan, disini peran Suku Kalang atau Wong Kalang terlihat. 


Dilansir melalui jurnal yang berjudul Asal Muasal Wong Jonegoro: Tinjauan Historis Hubungan Wong Kalang dan Masyarakat Samin Bojonegoro, yang di tulis oleh Firza Azzam Fadilla dan Agus Danugroho, kisah tentang kehadiran komunitas masyarakat kuno Kalang ternyata juga pernah termaktub dalam kitab paling sohor dari era Kerajaan Majapahit, Kitab Negarakertagama.



Suku Kalang yang ditugaskan menjaga hutan dari serangan musuh, mereka mereka sendiri sudah lama dikenal sebagai orang-orang yang sakti mandraguna. 


Mereka bermukim di Pulau Jawa terkhusus di wilayah perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, contohnya di Kabupaten Blora dan Rembang di Jawa Tengah, serta di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban di Jawa Timur.


Dalam perang melawan Dayak suku Kalang membawa kemenangan hebat bagi Majapahit, sehibgga memberikan kegembiraan. 


Pasukan dayak tunduk pada Wong kalang pasalnya kemampuan pasukan Kalang sangat luar biasa di medan pertempuran. 


Selain itu, dengan kesaktiannya, mereka juga dipekerjakan sebagai pembuat candi, suku ini merupakan pasukan Majapahit yang kuat namun sayangnya mereka bar - bar. 


Konon, Wong Kalang mampu mengangkat batu yang sangat besar, ketika berperang melawan suku Dayak yang dikenal sakti pun Majapahit banyak membawa tentara Kalang, sehingga akhirnya memperoleh kemenangan besar. ~  (Padepokan Tunggul wulung Pagar Alam)


#sukukalang #sukusamin #blora  #tentarakalang 

#fbpro

#fyp

No comments:

Post a Comment