31 August 2024

Di Negara Thailand Terdapat Etnis Jawa yang Hidup Layaknya Negara Sendiri, Ternyata Semua Ini Berawal Dari.... Bahkan tidak hanya mendiami dan berkembang saja, dikutip Bondowoso Network dari akun YouTube Catatan Ini, keberadaan etnis Jawa ternyata mendapat tempat dihati sang Raja di negara tersebut. Artinya bahwa Raja tersebut sangat menyayangi orang-orang yang memiliki darah keturunan dari etnis Tanah Jawa. Negara apa yang dimaksud? Ya negara di Asia Tenggara yang begitu menghormati dan menyayangi orang Jawa yang kebetulan mendiami daerah nya adalah negara Thailand. Memang benar adanya jika negara gajah putih, julukan dari negara Thailand, sangat begitu menghormati dan menyayangi akan keberadaan orang Jawa. Jika flashback ke belakang, ternyata dibalik begitu banyaknya orang Jawa yang beranak pinak mendiami suatu daerah di negara Thailand ada kaitannya dengan zaman pendudukan Jepang di Indonesia tempo dulu. Orang-orang ini tampaknya memperoleh darah Jawa dari leluhur mereka dari nusantara yang dibawa Jepang sebagai romusha untuk mengerjakan sebuah proyek. Namun demikian, ada yang pulang kembali saat Indonesia akhirnya merdeka dan jadi negara bebas, tapi banyak pula yang memilih untuk hidup disana. Hingga akhirnya daerah Sathorn Bangkok dikenal sebagai mini Jawa Tengah Thailand. Para Raja Thailand zaman dahulu menghormati keturunan Jawa di sana.*** #history #tempodulu #jawa #thailand #info

 Di Negara Thailand Terdapat Etnis Jawa yang Hidup Layaknya Negara Sendiri, Ternyata Semua Ini Berawal Dari....


Bahkan tidak hanya mendiami dan berkembang saja, dikutip Bondowoso Network dari akun YouTube Catatan Ini, keberadaan etnis Jawa ternyata mendapat tempat dihati sang Raja di negara tersebut.



Artinya bahwa Raja tersebut sangat menyayangi orang-orang yang memiliki darah keturunan dari etnis Tanah Jawa.


Negara apa yang dimaksud? Ya negara di Asia Tenggara yang begitu menghormati dan menyayangi orang Jawa yang kebetulan mendiami daerah nya adalah negara Thailand.


Memang benar adanya jika negara gajah putih, julukan dari negara Thailand, sangat begitu menghormati dan menyayangi akan keberadaan orang Jawa.


Jika flashback ke belakang, ternyata dibalik begitu banyaknya orang Jawa yang beranak pinak mendiami suatu daerah di negara Thailand ada kaitannya dengan zaman pendudukan Jepang di Indonesia tempo dulu.


Orang-orang ini tampaknya memperoleh darah Jawa dari leluhur mereka dari nusantara yang dibawa Jepang sebagai romusha untuk mengerjakan sebuah proyek.


Namun demikian, ada yang pulang kembali saat Indonesia akhirnya merdeka dan jadi negara bebas, tapi banyak pula yang memilih untuk hidup disana.


Hingga akhirnya daerah Sathorn Bangkok dikenal sebagai mini Jawa Tengah Thailand. Para Raja Thailand zaman dahulu menghormati keturunan Jawa di sana.***


#history #tempodulu #jawa #thailand #info

No comments:

Post a Comment