31 August 2024

Mengenal Apa Itu Gowok, Wanita Pelatih S3ksual Pria Jawa Zaman Dulu Indonesia terdiri memiliki beragam suku yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Setiap suku di Indonesia memiliki tradisi, budaya, dan adat istiadat masing-masing. Dari beragam tradisi tersebut ada yang masih dilakukan oleh masyarakat, namun banyak juga yang sudah ditinggalkan. Salah satunya yakni tradisi Gowok dari Jawa. Tradisi ini sudah lama tidak dipraktikkan lagi oleh masyarakat karena dianggap tabu. Gowok adalah sebutan untuk perempuan dalam kebudayaan Jawa yang disewa untuk mengajarkan perihal rumah tangga dan seksualitas kepada laki-laki berusia remaja atau sebelum menikah. Keluarga mempelai laki-laki menyewakan gowok untuk anak mereka sebelum menikah. Gowok akan mengajarkan salah satunya tentang memuaskan istri dan memperkenalkan tubuh perempuan. Calon mempelai laki-laki akan tinggal di rumah gowok selama beberapa hari untuk kemudian menerapkan ilmu yang sudah diperoleh kepada istrinya ketika sudah menikah. Tugas inti dari seorang gowok pada intinya memang mempersiapkan perjaka yang berkualitas pada malam pengantin. Akan tetapi ini bukan hanya soal seks saja, termasuk juga untuk urusan rumah tangga. Diketahui, lamanya masa pergowokan ini biasanya berlangsung hanya beberapa hari saja dan maksimal selesai dalam satu minggu. Sejarah Gowok Dilansir dari koropak.co.id, berdasarkan sejarahnya, tradisi pergowokan di daratan Jawa pada awalnya diperkenalkan oleh wanita asal Tiongkok bernama Goo Wok Niang yang datang ke Jawa bersama dengan Laksamana Cheng Ho pada tahun 1415-an. Dalam waktu yang tak lama itu, praktik tersebut pada akhirnya dikenal banyak masyarakat Jawa hingga menjadi tradisi di kemudian harinya. Istilah Gowok diambil untuk mengenang Goo Wok Niang, namun karena orang Jawa sulit melafalkan dialek Cina maka lama kelamaan nama Goo Wok Niang hanya disebut Gowok saja. Disebutkan bahwa praktik Gowok ini terakhir marak di daerah Purworejo dan Banyumas, namun mulai hilang di era 1960-an, lantaran memang tradisinya melanggar norma dan agama. Sumber : harianmuba.com https://harianmuba.disway.id/amp/647469/mengenal-apa-itu-gowok-wanita-pelatih-seksual-pria-jawa-zaman-dulu #history #tempodulu #budaya #jawa

 Mengenal Apa Itu Gowok, Wanita Pelatih S3ksual Pria Jawa Zaman Dulu


Indonesia terdiri memiliki beragam suku yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Setiap suku di Indonesia memiliki tradisi, budaya, dan adat istiadat masing-masing.


Dari beragam tradisi tersebut ada yang masih dilakukan oleh masyarakat, namun banyak juga yang sudah ditinggalkan.



Salah satunya yakni tradisi Gowok dari Jawa. Tradisi ini sudah lama tidak dipraktikkan lagi oleh masyarakat karena dianggap tabu.


Gowok adalah sebutan untuk perempuan dalam kebudayaan Jawa yang disewa untuk mengajarkan perihal rumah tangga dan seksualitas kepada laki-laki berusia remaja atau sebelum menikah. 


Keluarga mempelai laki-laki menyewakan gowok untuk anak mereka sebelum menikah. 


Gowok akan mengajarkan salah satunya tentang memuaskan istri dan memperkenalkan tubuh perempuan. 


Calon mempelai laki-laki akan tinggal di rumah gowok selama beberapa hari untuk kemudian menerapkan ilmu yang sudah diperoleh kepada istrinya ketika sudah menikah.


Tugas inti dari seorang gowok pada intinya memang mempersiapkan perjaka yang berkualitas pada malam pengantin. 


Akan tetapi ini bukan hanya soal seks saja, termasuk juga untuk urusan rumah tangga. Diketahui, lamanya masa pergowokan ini biasanya berlangsung hanya beberapa hari saja dan maksimal selesai dalam satu minggu.


 Sejarah Gowok


Dilansir dari koropak.co.id, berdasarkan sejarahnya, tradisi pergowokan di daratan Jawa pada awalnya diperkenalkan oleh wanita asal Tiongkok bernama Goo Wok Niang yang datang ke Jawa bersama dengan Laksamana Cheng Ho pada tahun 1415-an.


Dalam waktu yang tak lama itu, praktik tersebut pada akhirnya dikenal banyak masyarakat Jawa hingga menjadi tradisi di kemudian harinya.


Istilah Gowok diambil untuk mengenang Goo Wok Niang, namun karena orang Jawa sulit melafalkan dialek Cina maka lama kelamaan nama Goo Wok Niang hanya disebut Gowok saja.


Disebutkan bahwa praktik Gowok ini terakhir marak di daerah Purworejo dan Banyumas, namun mulai hilang di era 1960-an, lantaran memang tradisinya melanggar norma dan agama.


Sumber : harianmuba.com


https://harianmuba.disway.id/amp/647469/mengenal-apa-itu-gowok-wanita-pelatih-seksual-pria-jawa-zaman-dulu


#history #tempodulu #budaya #jawa

No comments:

Post a Comment