24 June 2025

Peristiwa 20 Mei 1991 sebuah kendaraan bermuatan tangki melintasi jalan raya Jogja-Magelang dari arah Yogyakarta. Dengan kecepatan tinggi, kendaraan itu terlibat saling salip menyalip dengan sebuah bus umum. Karena kecepatan kendaraan itu begitu tinggi, gandengan tangki terlepas dari kendaraan. Pengait gandengan yang lepas itu kemudian menghantam permukaan aspal di tengah jembatan dan kemudian menimbulkan percikan api. Api kemudian merambat ke tangki yang penuh bahan bakar minyak dan terjadilah kebakaran yang amat besar. Panas api yang tinggi dan membumbung ke angkasa membuat kerangka jembatan yang terbuat dari besi baja itu meleleh. Bangunan jembatan itu kemudian runtuh. Sekian bulan kemudian jembatan yang runtuh itu dibangun kembali. Untuk sementara waktu menunggu pembangunan jembatan baru, kendaraan yang ingin melewati Kali Krasak melintas sebuah jembatan ponton sementara yang dibangun oleh kesatuan Zeni TNI AD. Kendaraan kecil dan roda dua bisa melintasi jembatan darurat itu untuk sementara waktu. Sedangkan untuk kendaraan besar, lalu lintas dialihkan melalui jalan Ngluwar, melintasi Ancol Bligo dan memasuki Sleman dari ujung barat. Kondisi ini berlangsung hampir setengah tahun hingga jembatan Krasak yang runtuh kembali berdiri. Sepuluh tahun setelah itu, jembatan Krasak dirasa tidak mampu lagi menampung arus lalu lintas yang semakin padat. Oleh karena itu dibangunlah jembatan baru yang berada di sebelah timur jembatan lama. Jembatan baru itu dibuka menjelang arus mudik tahun 2001. Hingga akhirnya jembatan yang membentang di atas Kali Krasak merupakan sepasang jembatan yang berdiri kokoh hingga sekarang. #foto #peristiwa #tragedi #jembatansungaikrasak #magelanghits #facebookpro #image #kalikrasak #fbpro #jangkauanluas @sorotan #semuaorang #narasi #literasi #fakta

 Peristiwa 20 Mei 1991 sebuah kendaraan bermuatan tangki melintasi jalan raya Jogja-Magelang dari arah Yogyakarta.



Dengan kecepatan tinggi, kendaraan itu terlibat saling salip menyalip dengan sebuah bus umum. Karena kecepatan kendaraan itu begitu tinggi, gandengan tangki terlepas dari kendaraan.


Pengait gandengan yang lepas itu kemudian menghantam permukaan aspal di tengah jembatan dan kemudian menimbulkan percikan api. Api kemudian merambat ke tangki yang penuh bahan bakar minyak dan terjadilah kebakaran yang amat besar.


Panas api yang tinggi dan membumbung ke angkasa membuat kerangka jembatan yang terbuat dari besi baja itu meleleh. Bangunan jembatan itu kemudian runtuh.


Sekian bulan kemudian jembatan yang runtuh itu dibangun kembali. Untuk sementara waktu menunggu pembangunan jembatan baru, kendaraan yang ingin melewati Kali Krasak melintas sebuah jembatan ponton sementara yang dibangun oleh kesatuan Zeni TNI AD.


Kendaraan kecil dan roda dua bisa melintasi jembatan darurat itu untuk sementara waktu. Sedangkan untuk kendaraan besar, lalu lintas dialihkan melalui jalan Ngluwar, melintasi Ancol Bligo dan memasuki Sleman dari ujung barat. Kondisi ini berlangsung hampir setengah tahun hingga jembatan Krasak yang runtuh kembali berdiri.


Sepuluh tahun setelah itu, jembatan Krasak dirasa tidak mampu lagi menampung arus lalu lintas yang semakin padat. Oleh karena itu dibangunlah jembatan baru yang berada di sebelah timur jembatan lama.


Jembatan baru itu dibuka menjelang arus mudik tahun 2001. Hingga akhirnya jembatan yang membentang di atas Kali Krasak merupakan sepasang jembatan yang berdiri kokoh hingga sekarang.


Sumber : Wukir Mahendra

#foto #peristiwa #tragedi #jembatansungaikrasak #magelanghits #facebookpro #image #kalikrasak #fbpro #jangkauanluas @sorotan #semuaorang #narasi #literasi #fakta

No comments:

Post a Comment