23 March 2009

Tentang Sejarah Magelang - Terminal Bus Tidar 1977 - 1988

Oleh : Bagus Priyana
MAGELANG TEMPO DOELOE:
TERMINAL BUS TIDAR 1977-1988
Pada tahun 1974 di masa Walikotamadya Magelang Moch. Soebroto, terminal bus yang ada di depan Stasiun Magelang Pasar dan Pasar Rejowinangun berencana untuk dipindahkan ke perbatasan kota mengingat semakin banyaknya kendaraan di kota dan kapasitas terminal yang sudah tidak mampu lagi menampung bus.
Rencana ini baru terealisasi pada tahun 1977 dengan memindahkan terminal ke kaki Gunung Tidar sisi timur laut, berada tepat di sisi barat Kali Manggis. Untuk membuat terminal bus yang baru ini, dengan terpaksa mengepras sebagian tanah kaki gunung tersebut.
Terminal baru ini disebut dengan Terminal Bus Tidar sesuai dengan lokasi terminal itu berada. Kapasitas lebih luas dibandingkan dengan terminal bus yang lama. Termasuk fasilitas sarana yang lebih komplit dan lebih baik tentunya. Dengan letak terminal di perbatasan, lalu lintas makin teratur dan tidak semrawut.
Kapasitas bus juga makin banyak, dengan emplasemen untuk tempat naik turun penumpang yang juga makin membuat nyaman para penumpang. Deretan kios-kios yang menjual tiket dan makanan juga tersedia di terminal ini. Kondisi terminal makin hidup dan menjadi tempat bergantung banyak pihak dalam mencari mata pencaharian.
Dengan makin meningkatnya kualitas terminal, maka makin banyak pula bus-bus yang menjadikan terminal bus Tidar sebagai tempat persinggahan untuk mencari penumpang.
Banyak bus-bus dari perusahaan otobus (PO) yang melayani jurusan lokal, antar kota, antar propinsi ataupun antar pulau tersedia di terminal bus ini. Apalagi bus-bus malam pun juga siap melayani calon penumpang. Ini makin memudahkan calon penumpang untuk memilih bus untuk menuju ke kota tujuan.
A. Bus-bus lokal dengan jurusan jarak dekat.
1. Jurusan Magelang - Ambarawa - Semarang
PO Joko Kendil, PO Karya Sari, PO Ramayana, PO Handoyo, PO Mustika, PO Sumber Waras, PO Wolu, PO Santoso, PO Sumeh, PO Trisula, PO Merpati
Dengan jam keberangkatan paling awal pukul 03.00 wib dan paling akhir pukul 22.40 wib.
2. Jurusan Magelang - Kopeng - Salatiga
PO Elang Jaya, PO Fajar Karya
Dengan keberangkatan paling awal pukul 06.10 wib dan paling akhir pukul 18.45 wib.
3. Jurusan Magelang - Selo - Boyolali
PO Hasap Jaya
Dengan keberangkatan paling awal pukul 07.00 wib dan paling akhir pukul 18.22 wib.
4. Jurusan Magelang - Purworejo - Kebumen - Buntu - Purwokerto
PO Kencana Jaya, PO Trisakti, PO Santoso
Dengan keberangkatan paling awal pukul 03.29 wib dan paling akhir pukul 19.30 wib.
B. Bus-bus dengan jurusan jarak jauh antar kota.
1. Jurusan Magelang - Bandung
PO Bandung Cepat, PO Sari Harum, PO Sufu Armada, PO Rajawali, PO Muncul
2. Jurusan Magelang - Jakarta
PO Santoso, PO Bhayangkara, PO Putra Remaja, PO OBL Safari, PO Dwijaya, PO Dian Semesta, PO Limas/Limex, PO Tasima, PO Beteng Jaya, PO Melati Indah, PO Adam, PO Muncul, PO Raya, PO Mulia Indah, PO Sari Mulia, PO Tunggal Dara, PO Elteha, PO Bumi Nusantara.
3. Jurusan Magelang - Bogor
PO Bogor Jaya
4. Jurusan Magelang - Surabaya
PO Jawa Indah, PO Kembang
5. Jurusan Magelang - Malang
PO Indah, PO Agung, PO Adam, PO Pemudi, PO Muncul, PO Garuda.
C. Bus-bus dengan jurusan antar pulau
PO Bumerang Jaya (Magelang - Medan)
PO Bengkulu Indah (Magelang - Bengkulu)
PO LS (Magelang - Banda Aceh)
PO A. N. S (Magelang - Banda Aceh)
PO A. R. S (Magelang - Padang).
Terminal bus Tidar hanya beroperasi selama 11 tahun hingga pada tahun 1988 dipindahkan ke pinggir kota tepatnya di jalan lingkar Soekarno - Hatta di timur kota.
Hal ini disebabkan oleh:
- makin padatnya arus lalu lintas di dalam kota,
- perkembangan kota yang mengarah ke selatan,
- mengembangkan kawasan di sekitar jalan lingkar Soekarno - Hatta
- perlunya peningkatan kualitas dan kapasitas terminal bus.
Komentar

Sumber :
https://www.facebook.com/bagus.priyana/posts/2454917944519895

No comments:

Post a Comment