17 June 2024

SIR WILLIAM WALLACE PEJUANG KEMERDEKAAN SKOTLANDIA PROFIL Sir William Wallace adalah seorang bangsawan Skotlandia yang dikenal sebagai salah satu tokoh utama dalam Perang Kemerdekaan Skotlandia melawan Inggris pada akhir abad ke-13. William Wallace lahir sekitar tahun 1270 di Elderslie, Renfrewshire, Skotlandia. Beliau berasal dari keluarga bangsawan kecil; tidak banyak informasi mengenai masa kecil dan pendidikan awalnya. Perjuangan beliau dipicu oleh penindasan Inggris di bawah pemerintahan Raja Edward I, serta kematian istri dan keluarganya oleh pasukan Inggris. KARIR MILITER DAN PEPERANGAN 1. Pemberontakan Awal (1297) Memulai perlawanan melawan Inggris dengan mengumpulkan pasukan kecil yang terdiri dari para petani dan bangsawan yang tidak puas. 2. Pertempuran Stirling Bridge (1297) Memimpin pasukan Skotlandia meraih kemenangan besar melawan Inggris, meningkatkan reputasi dan dukungan bagi perjuangannya. Dari kemenangan itu beliau diangkat sebagai "Guardian of Scotland" bersama Andrew Moray setelah kemenangan di Stirling Bridge. 3. Pertempuran Falkirk (1298) Mengalami kekalahan besar dari pasukan Inggris di bawah Raja Edward I, yang menyebabkan penurunan dukungannya di kalangan bangsawan Skotlandia. AKHIR PERANG Karena pengkhianatan bangsawan Skotlandia, John de Menteith, William Wallace akhirnya bditangkap oleh pasukan Inggris di dekat Glasgow pada 1305 Sir William Wallace diadili di London atas tuduhan pengkhianatan dan eksekusi pada tanggal 23 Agustus 1305. Diceritakan William Wallace dihukum mati dengan sangat sadis dari digantung hingga lemas, ditarik kereta kuda, dicincang hidup-hidup, dan dipenggal kepalanya. WARISAN Sir William Wallace dianggap sebagai pahlawan nasional Skotlandia dan simbol perjuangan kemerdekaan dari Inggris. Kisah kepahlawanannya menginspirasi generasi berikutnya dalam Perang Kemerdekaan Skotlandia, termasuk Robert the Bruce yang berhasil mencapai kemerdekaan pada tahun 1328. William Wallace dikenang karena keberanian dan dedikasinya terhadap kemerdekaan Skotlandia, meskipun perjuangannya berakhir tragis. Sumber : "The Wallace" oleh Blind Harry, Kronik Skotlandia, Kronik-kronik abad pertengahan "Scotichronicon" karya Walter Bower dan "Chronica Gentis Scotorum" karya John of Fordun dan berbagai sumber lain #fyp #fbpro #sejarah #sejarahdunia #fypviralシ

 SIR WILLIAM WALLACE

PEJUANG KEMERDEKAAN SKOTLANDIA


PROFIL

Sir William Wallace adalah seorang bangsawan Skotlandia yang dikenal sebagai salah satu tokoh utama dalam Perang Kemerdekaan Skotlandia melawan Inggris pada akhir abad ke-13.

William Wallace lahir sekitar tahun 1270 di Elderslie, Renfrewshire, Skotlandia. Beliau berasal dari keluarga bangsawan kecil; tidak banyak informasi mengenai masa kecil dan pendidikan awalnya. Perjuangan beliau dipicu oleh penindasan Inggris di bawah pemerintahan Raja Edward I, serta kematian istri dan keluarganya oleh pasukan Inggris.



KARIR MILITER DAN PEPERANGAN

1. Pemberontakan Awal (1297)

Memulai perlawanan melawan Inggris dengan mengumpulkan pasukan kecil yang terdiri dari para petani dan bangsawan yang tidak puas.

2. Pertempuran Stirling Bridge (1297)

Memimpin pasukan Skotlandia meraih kemenangan besar melawan Inggris, meningkatkan reputasi dan dukungan bagi perjuangannya. Dari kemenangan itu beliau diangkat sebagai "Guardian of Scotland" bersama Andrew Moray setelah kemenangan di Stirling Bridge.

3. Pertempuran Falkirk (1298)

Mengalami kekalahan besar dari pasukan Inggris di bawah Raja Edward I, yang menyebabkan penurunan dukungannya di kalangan bangsawan Skotlandia.


AKHIR PERANG

Karena pengkhianatan bangsawan Skotlandia, John de Menteith, William Wallace akhirnya bditangkap oleh pasukan Inggris di dekat Glasgow pada 1305

Sir William Wallace diadili di London atas tuduhan pengkhianatan dan eksekusi pada tanggal 23 Agustus 1305. Diceritakan William Wallace dihukum mati dengan sangat sadis dari digantung hingga lemas, ditarik kereta kuda, dicincang hidup-hidup, dan dipenggal kepalanya.


WARISAN

Sir William Wallace dianggap sebagai pahlawan nasional Skotlandia dan simbol perjuangan kemerdekaan dari Inggris.

Kisah kepahlawanannya menginspirasi generasi berikutnya dalam Perang Kemerdekaan Skotlandia, termasuk Robert the Bruce yang berhasil mencapai kemerdekaan pada tahun 1328.

William Wallace dikenang karena keberanian dan dedikasinya terhadap kemerdekaan Skotlandia, meskipun perjuangannya berakhir tragis.


Sumber :

"The Wallace" oleh Blind Harry, Kronik Skotlandia, Kronik-kronik abad pertengahan "Scotichronicon" karya Walter Bower dan "Chronica Gentis Scotorum" karya John of Fordun dan berbagai sumber lain


#fyp #fbpro #sejarah #sejarahdunia #fypviralシ

No comments:

Post a Comment