04 June 2024

ASAL USUL KATA DUIT Kata "duit" berasal dari bahasa Belanda "duit" atau "deut" (dibaca: geld), sebutan untuk uang koin kuno di Eropa yang dibuat pada abad ke-14. Secara harfiah, kata duit atau deut berarti kepingan-kepingan. Duit pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada masa pemerintahan VOC dan digunakan sebagai alat pembayaran dalam perdagangan. Kemudian, pada masa kolonial Belanda, duit mulai diterbitkan dalam berbagai denominasi dan digunakan sebagai alat pembayaran dalam perdagangan serta upeti kepada pemerintah kolonial. Setelah kemerdekaan Indonesia, duit masih digunakan sebagai alat pembayaran dalam masyarakat Indonesia hingga akhirnya digantikan oleh uang kertas dan koin. Saat ini di Indonesia kata Duit mengalami perluasan makna merujuk pada semua jenis uang bukan hanya uang koin tapi juga uang kertas. Populernya kata duit di Indonesia bahkan menjadi inspirasi lagu berjudul "MABOK DUIT" yang dinyanyikan Erie Susan. "Duh aduh-aduh pusing mikirin duit Duh aduh-aduh bingung nggak punya duit Duh aduh-aduh puyeng kepala puyeng Nyut-nyut-nyut Mabuk, mabuk, mabuk, mabuk duit Semua orang mabuk duit Siang dan malam mikirin duit Mabuk, mabuk, mabuk, mabuk duit Yang sudah kaya mabuk duit Yang miskin pusing mencari duit" dst...... Sumber : Kompas.com

 ASAL USUL KATA DUIT


Kata "duit" berasal dari bahasa Belanda "duit" atau "deut" (dibaca: geld), sebutan untuk uang koin kuno di Eropa yang dibuat pada abad ke-14. Secara harfiah, kata duit atau deut berarti kepingan-kepingan.


Duit pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada masa pemerintahan VOC dan digunakan sebagai alat pembayaran dalam perdagangan. Kemudian, pada masa kolonial Belanda, duit mulai diterbitkan dalam berbagai denominasi dan digunakan sebagai alat pembayaran dalam perdagangan serta upeti kepada pemerintah kolonial.



Setelah kemerdekaan Indonesia, duit masih digunakan sebagai alat pembayaran dalam masyarakat Indonesia hingga akhirnya digantikan oleh uang kertas dan koin.


Saat ini di Indonesia kata Duit mengalami perluasan makna merujuk pada semua jenis uang bukan hanya uang koin tapi juga uang kertas. 


Populernya kata duit di Indonesia bahkan menjadi inspirasi lagu berjudul "MABOK DUIT" yang dinyanyikan Erie Susan.

  

"Duh aduh-aduh pusing mikirin duit

Duh aduh-aduh bingung nggak punya duit

Duh aduh-aduh puyeng kepala puyeng

Nyut-nyut-nyut

Mabuk, mabuk, mabuk, mabuk duit

Semua orang mabuk duit

Siang dan malam mikirin duit

Mabuk, mabuk, mabuk, mabuk duit

Yang sudah kaya mabuk duit

Yang miskin pusing mencari duit"

dst...... 


Sumber : Kompas.com

No comments:

Post a Comment