Oleh : Chandra Gusta Wisnuwardana
DE HOLLANDSCH INDUSTRIE MAATSCHAPPIJ (HIMA) : Sepeda Buatan dalam Negeri Hindia
HIMA Rijweilfabriek adalah salah satu pabrikan sepeda onthel yang pernah berjaya dan meramaikan khasanah persaingan industri sepeda pada pertengahan abad ke-20. Kerasnya kompetisi industri sepeda pada 1930an ditambah melesunya kegiatan ekonomi sebagai dampak dari krisis global menyebabkan pabrikan sepeda HIMA harus bersiap menghadapi kebangkrutan. Tingginya permintaan sepeda yang tidak sebanding dengan biaya operasional seperti mahalnya bahan baku sepeda dan gaji para buruhnya di Amsterdam yang cukup tinggi membuat manajemen HIMA Rijweilfabriek memutuskan untuk memindahkan pabriknya ke Hindia Belanda.
HIMA Rijweilfabriek adalah salah satu pabrikan sepeda onthel yang pernah berjaya dan meramaikan khasanah persaingan industri sepeda pada pertengahan abad ke-20. Kerasnya kompetisi industri sepeda pada 1930an ditambah melesunya kegiatan ekonomi sebagai dampak dari krisis global menyebabkan pabrikan sepeda HIMA harus bersiap menghadapi kebangkrutan. Tingginya permintaan sepeda yang tidak sebanding dengan biaya operasional seperti mahalnya bahan baku sepeda dan gaji para buruhnya di Amsterdam yang cukup tinggi membuat manajemen HIMA Rijweilfabriek memutuskan untuk memindahkan pabriknya ke Hindia Belanda.
Tuan von Meyenfeldt, selaku ditektur perusahaan SL. Manson & Co
sebagai induk perusahaan sepeda HIMA di Bandung mengatakan bahwa dengan
berpindahnya pusat produksi sepeda HIMA ke Bandung maka perusahaan
setidaknya bisa tetap bertahan di masa krisi dan bahkan ia berharap
kedepannya bisa mengembangkan industrinya tersebut. Murahnya tenaga
kerja di Hindia, terutama Bandung, serta ditambah dengan banyaknya
lulusan siswa sekolah teknik disana membuat pihak manajemen memilih kota
tersebut.
Pemerintah Kolonial Hindia - Belanda pun tidak segan - segan menyambut baik kehadiran pabrik sepeda HIMA ini di tanah jajahan. Para siswa sekolah serta tenaga profesional Hindia didorong untuk bisa magang dan bekerja di pabrik tersebut. Beberapa tahun berselang demi memperluas cakupan usahanya, manajemen HIMA Rijweilfabreik memutuskan untuk memindahkan pabriknya ke Surabaya dimana bahan baku industri sepeda bisa dengan mudah dan cepat didapat. Bahkan, konon SL. Manson & Co. juga sempat membuat pabriknya di Malang. Sayangnya, industri sepeda HIMA ini harus gulung tikar pada tahun 1975 dimana kendaraan bermotor mulai menggeser pamor sepeda onthel.
- Chandra Gusta Wisnuwardana -
Dinarasikan ulang dari Oldbike in History
Pemerintah Kolonial Hindia - Belanda pun tidak segan - segan menyambut baik kehadiran pabrik sepeda HIMA ini di tanah jajahan. Para siswa sekolah serta tenaga profesional Hindia didorong untuk bisa magang dan bekerja di pabrik tersebut. Beberapa tahun berselang demi memperluas cakupan usahanya, manajemen HIMA Rijweilfabreik memutuskan untuk memindahkan pabriknya ke Surabaya dimana bahan baku industri sepeda bisa dengan mudah dan cepat didapat. Bahkan, konon SL. Manson & Co. juga sempat membuat pabriknya di Malang. Sayangnya, industri sepeda HIMA ini harus gulung tikar pada tahun 1975 dimana kendaraan bermotor mulai menggeser pamor sepeda onthel.
- Chandra Gusta Wisnuwardana -
Dinarasikan ulang dari Oldbike in History
No comments:
Post a Comment