29 February 2024

Kisah Helen yang Jadi Kambing Hitam Perang Troya dalam Mitologi Yunani ________________________________________________ Helen adalah tokoh perempuan yang terkenal dalam mitologi Yunani karena keterlibatannya dalam perang Troya. Helen menjadi kambing hitam dan dipersalahkan karena dianggap penyebab perang 10 tahun itu. Pertanyaan tentang keterlibatan Helen dalam Perang Troya jelas menimbulkan pertanyaan-pertanyaan sulit—dan hal ini telah terjadi sejak zaman Homer. Seperti diketahui, legenda Troya adalah salah satu kisah tertua yang pernah diceritakan. Kisah ini kemudian menjangkau khalayak baru melalui epik Hollywood Troy tahun 2004 karya Wolfgang Petersen. Film tersebut, yang merupakan adaptasi longgar dari puisi Yunani kuno karya Homer, “The Iliad,” meliput peristiwa-peristiwa utama Perang Troya. Ini adalah kisah yang penuh dengan pejuang heroik, seperti Achilles, Hector dan Patroclus. Mereka mendapatkan imbalan atas kehebatannya yaitu kemuliaan abadi —istilah yang tepat digunakan oleh Homer adalah “kleos.” Namun tidak semua orang pantas mendapatkan ketenaran abadi seperti ini. Menjelang awal cerita, pangeran Troya, Paris jatuh cinta dengan ratu Spartan Helen, yang menikah dengan Raja Menelaus. Dari sinilah kisahnya berawal. Pasangan itu kabur ke Troya, di mana mereka disambut dengan hati-hati oleh penguasa Troy, Priam. Helen dan perang Troya Ketika alur ceritanya terungkap, kehadiran Helen tetap sulit dipahami di Troy, ketika berbagai kerajaan Yunani datang menuntut dia kembali ke Menelaus. Hasil dari perselingkuhannya dengan Paris hampir tidak perlu dipertanyakan, yaitu perang sepuluh tahun dan penghancuran kota Troya. Pertanyaan tentang keterlibatan Helen dalam konflik signifikan jelas menimbulkan pertanyaan-pertanyaan sulit. Hal ini sudah terjadi sejak zaman Homer. Homer menawarkan kepada pendengarnya (syair itu akan dibawakan secara lisan) penjelasan yang tidak mudah mengapa orang Yunani bersedia berpartisipasi dalam konflik yang berkepanjangan. Meskipun Helen berulang kali mengakui perannya dalam memicu konflik, karakter lain, seperti Priam, menolak untuk menyalahkannya. Para dewa Yunani yang dituduh melancarkan konflik besar ini dan pangeran Troya, Paris, juga bertanggung jawab. Dalam sejarah Yunani selanjutnya, banyak penulis menanggapi pertanyaan tentang peran Helen dalam perang dengan cara yang berbeda. Di beberapa bagian Yunani, dia dipuja sebagai dewi. Memang benar, cerita-cerita awal sangat samar-samar tetapi penyair Stesichorus, yang hidup sekitar tahun 600 SM, konon memfitnah Helen dan menjadi buta setelah melakukan hal tersebut. Cerita berlanjut, dia mendapatkan kembali penglihatannya setelah dia menyangkal bahwa Helen pernah pergi ke Troy.Sebaliknya, dia dengan penuh warna menyatakan bahwa itu adalah “hantu” Helen yang kawin lari di sana. Sekitar 150 tahun kemudian, yang disebut sebagai “bapak sejarah”, Herodotus dari Halicarnassus, juga menyoroti peran aneh yang dimainkan Helen dalam Perang Troya. Dia mengutip seorang informan asal Persia untuk menggarisbawahi lemahnya klaim dalam mitologi Yunani, dan menunjukkan bahwa pada saat itu kerajaan besar tidak biasa memilih kehilangan seorang perempuan. Menurut sumber itu, masyarakat Asia tidak mempermasalahkan kehilangan seorang perempuan. Namun orang-orang Yunani demi (Helen), merekrut pasukan yang besar, kemudian datang ke Asia dan menghancurkan kekuatan Priam. Helen dari Troy selama berabad-abad Di luar zaman mitologi Yunani, banyak yang terus berjuang melawan Helen yang penuh teka-teki. Dia muncul kembali, misalnya, di panggung Elizabeth dalam Doctor Faustus (1604) karya Christopher Marlowe. Dan dalam Troilus dan Cressida karya Shakespeare (sekitar 1602), dia dibayangkan sebagai orang bodoh yang hambar, yang sepenuhnya bertanggung jawab atas hilangnya nyawa orang Yunani. Seperti yang diilustrasikan oleh kasus-kasus ini, status Helen yang tidak menyenangkan sebagai penghasut perang mewarnai banyak penerimaan terhadap cerita Homer di kemudian hari. Lukisan Dante Gabriel Rossetti tahun 1863 “Helen of Troy” adalah contoh mencolok lainnya dari hal ini.BDalam banyak hal, lukisan itu berfokus pada gambaran Helen sebagai makhluk fana yang luar biasa cantik. Rambutnya berwarna emas, dan dia mengenakan pakaian yang dihias dengan rumit. Namun, setelah diperiksa lebih dekat, orang lain akan melihat bahwa Helen memiliki pipi kiri berwarna ungu. Apakah ini mungkin merupakan indikasi hubungan yang penuh kekerasan dengan “suami” Troya barunya, Paris? Apakah Rossetti menyarankan agar Paris memukul pengantin barunya? Namun, Helen juga digambarkan di depan kota yang menyala-nyala, sambil menunjuk ke sebuah liontin yang menggambarkan obor yang menyala-nyala. Tampaknya dia mengatakan bahwa dialah yang bertanggung jawab atas kebakaran besar ini. Helen yang tidak bersalah? Perlu diingat bahwa Helen tidak selalu dipandang sebagai sosok yang bersalah dan merusak. Ambil contoh, Helen Karibia karya Derek Walcott dalam puisinya tahun 1990 “Omeros” pembacaan ulang yang radikal atas teks Homer, yang menawarkan perspektif baru mengenai sosok perempuan ikonik ini. Seperti yang ditampilkan dalam film Troy, narasi Perang Troya mitologi Yunani masih cenderung berpusat pada Helen dan kisah cintanya yang menggelora dengan Paris. Hal ini, tentu saja, sesuai dengan gambaran sejarah yang lebih luas di mana perempuan dan tubuh mereka telah digunakan sebagai figur untuk mengeksplorasi isu-isu seperti peperangan, kekerasan, dan godaan. Hal ini telah terjadi sepanjang masa, mulai dari para penyihir abad pertengahan yang disalahkan (dan dibakar) karena merusak masyarakat, hingga perdebatan baru-baru ini mengenai larangan burkini di Prancis. Memang, hal terakhir ini hanyalah contoh lain dari masyarakat yang terus mengatur tubuh perempuan dan melanggengkan stereotip kasar tentang perempuan yang tertindas.

 Kisah Helen yang Jadi Kambing Hitam Perang Troya dalam Mitologi Yunani

________________________________________________



Helen adalah tokoh perempuan yang terkenal dalam mitologi Yunani karena keterlibatannya dalam perang Troya. Helen menjadi kambing hitam dan dipersalahkan karena dianggap penyebab perang 10 tahun itu.


Pertanyaan tentang keterlibatan Helen dalam Perang Troya jelas menimbulkan pertanyaan-pertanyaan sulit—dan hal ini telah terjadi sejak zaman Homer.


Seperti diketahui, legenda Troya adalah salah satu kisah tertua yang pernah diceritakan. Kisah ini kemudian menjangkau khalayak baru melalui epik Hollywood Troy tahun 2004 karya Wolfgang Petersen.


Film tersebut, yang merupakan adaptasi longgar dari puisi Yunani kuno karya Homer, “The Iliad,” meliput peristiwa-peristiwa utama Perang Troya.


Ini adalah kisah yang penuh dengan pejuang heroik, seperti Achilles, Hector dan Patroclus. Mereka mendapatkan imbalan atas kehebatannya yaitu kemuliaan abadi —istilah yang tepat digunakan oleh Homer adalah “kleos.”


Namun tidak semua orang pantas mendapatkan ketenaran abadi seperti ini. Menjelang awal cerita, pangeran Troya, Paris jatuh cinta dengan ratu Spartan Helen, yang menikah dengan Raja Menelaus. Dari sinilah kisahnya berawal.


Pasangan itu kabur ke Troya, di mana mereka disambut dengan hati-hati oleh penguasa Troy, Priam.


Helen dan perang Troya


Ketika alur ceritanya terungkap, kehadiran Helen tetap sulit dipahami di Troy, ketika berbagai kerajaan Yunani datang menuntut dia kembali ke Menelaus.


Hasil dari perselingkuhannya dengan Paris hampir tidak perlu dipertanyakan, yaitu perang sepuluh tahun dan penghancuran kota Troya.


Pertanyaan tentang keterlibatan Helen dalam konflik signifikan jelas menimbulkan pertanyaan-pertanyaan sulit. Hal ini sudah terjadi sejak zaman Homer.


Homer menawarkan kepada pendengarnya (syair itu akan dibawakan secara lisan) penjelasan yang tidak mudah mengapa orang Yunani bersedia berpartisipasi dalam konflik yang berkepanjangan.


Meskipun Helen berulang kali mengakui perannya dalam memicu konflik, karakter lain, seperti Priam, menolak untuk menyalahkannya. Para dewa Yunani yang dituduh melancarkan konflik besar ini dan pangeran Troya, Paris, juga bertanggung jawab.


Dalam sejarah Yunani selanjutnya, banyak penulis menanggapi pertanyaan tentang peran Helen dalam perang dengan cara yang berbeda. Di beberapa bagian Yunani, dia dipuja sebagai dewi.


Memang benar, cerita-cerita awal sangat samar-samar tetapi penyair Stesichorus, yang hidup sekitar tahun 600 SM, konon memfitnah Helen dan menjadi buta setelah melakukan hal tersebut.


Cerita berlanjut, dia mendapatkan kembali penglihatannya setelah dia menyangkal bahwa Helen pernah pergi ke Troy.Sebaliknya, dia dengan penuh warna menyatakan bahwa itu adalah “hantu” Helen yang kawin lari di sana.


Sekitar 150 tahun kemudian, yang disebut sebagai “bapak sejarah”, Herodotus dari Halicarnassus, juga menyoroti peran aneh yang dimainkan Helen dalam Perang Troya.


Dia mengutip seorang informan asal Persia untuk menggarisbawahi lemahnya klaim dalam mitologi Yunani, dan menunjukkan bahwa pada saat itu kerajaan besar tidak biasa memilih kehilangan seorang perempuan.


Menurut sumber itu, masyarakat Asia tidak mempermasalahkan kehilangan seorang perempuan. Namun orang-orang Yunani demi (Helen), merekrut pasukan yang besar, kemudian datang ke Asia dan menghancurkan kekuatan Priam.


Helen dari Troy selama berabad-abad


Di luar zaman mitologi Yunani, banyak yang terus berjuang melawan Helen yang penuh teka-teki. Dia muncul kembali, misalnya, di panggung Elizabeth dalam Doctor Faustus (1604) karya Christopher Marlowe.


Dan dalam Troilus dan Cressida karya Shakespeare (sekitar 1602), dia dibayangkan sebagai orang bodoh yang hambar, yang sepenuhnya bertanggung jawab atas hilangnya nyawa orang Yunani.


Seperti yang diilustrasikan oleh kasus-kasus ini, status Helen yang tidak menyenangkan sebagai penghasut perang mewarnai banyak penerimaan terhadap cerita Homer di kemudian hari.


Lukisan Dante Gabriel Rossetti tahun 1863 “Helen of Troy” adalah contoh mencolok lainnya dari hal ini.BDalam banyak hal, lukisan itu berfokus pada gambaran Helen sebagai makhluk fana yang luar biasa cantik. Rambutnya berwarna emas, dan dia mengenakan pakaian yang dihias dengan rumit.


Namun, setelah diperiksa lebih dekat, orang lain akan melihat bahwa Helen memiliki pipi kiri berwarna ungu.


Apakah ini mungkin merupakan indikasi hubungan yang penuh kekerasan dengan “suami” Troya barunya, Paris? Apakah Rossetti menyarankan agar Paris memukul pengantin barunya?


Namun, Helen juga digambarkan di depan kota yang menyala-nyala, sambil menunjuk ke sebuah liontin yang menggambarkan obor yang menyala-nyala. Tampaknya dia mengatakan bahwa dialah yang bertanggung jawab atas kebakaran besar ini.


Helen yang tidak bersalah?


Perlu diingat bahwa Helen tidak selalu dipandang sebagai sosok yang bersalah dan merusak. Ambil contoh, Helen Karibia karya Derek Walcott dalam puisinya tahun 1990 “Omeros” pembacaan ulang yang radikal atas teks Homer, yang menawarkan perspektif baru mengenai sosok perempuan ikonik ini.


Seperti yang ditampilkan dalam film Troy, narasi Perang Troya mitologi Yunani masih cenderung berpusat pada Helen dan kisah cintanya yang menggelora dengan Paris.


Hal ini, tentu saja, sesuai dengan gambaran sejarah yang lebih luas di mana perempuan dan tubuh mereka telah digunakan sebagai figur untuk mengeksplorasi isu-isu seperti peperangan, kekerasan, dan godaan.


Hal ini telah terjadi sepanjang masa, mulai dari para penyihir abad pertengahan yang disalahkan (dan dibakar) karena merusak masyarakat, hingga perdebatan baru-baru ini mengenai larangan burkini di Prancis.


Memang, hal terakhir ini hanyalah contoh lain dari masyarakat yang terus mengatur tubuh perempuan dan melanggengkan stereotip kasar tentang perempuan yang tertindas.

No comments:

Post a Comment